Sri Mulyani Perluas Stimulus Pajak untuk 11 Sektor Usaha

Kompas.com - 17/04/2020, 19:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kebijakan Stimulus ke-2 Dampak COVID-19 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3/2020). Dalam Rakor tersebut dihasilkan beberapa hal salah satunya mencangkup PPH Pasal 21 yang akan ditanggung Pemerintah untuk industri. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAMenteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kebijakan Stimulus ke-2 Dampak COVID-19 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3/2020). Dalam Rakor tersebut dihasilkan beberapa hal salah satunya mencangkup PPH Pasal 21 yang akan ditanggung Pemerintah untuk industri. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal memperluas sektor usaha yang akan menerima keringanan perpajakan untuk 11 sektor usaha baru.

"Jadi ada 11 sektor yang akan diberi insentif seperti di paket 2," ujar Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dalam video conference, Jumat (17/4/2020).

Adapun keringanan pajak yang diberikan meliputi Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atau pajak gaji karyawan yang ditanggung pemerintah, PPh Pasal 22 impor dibebaskan selama enam bulan, PPh Pasal 25 yang didiskon 30 persen, serta restitusi yang dipercepat dengan batasan hingga Rp 5 miliar.

Baca juga: BI Wajibkan Bank-bank Beli SBN, Ini Mekanismenya

Sebelumnya, stimulus berupa insentif fiskal hanya berlaku untuk 19 sektor usaha, yaitu industri bahan kimia dan barang kimia, industri alat angkutan lainnya, industri makanan dan industri logam dasar.

Selain itu juga industri kertas dan barang dari kertas, industri minuman, industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, serta industri kendaraan bermotor Kemudian industri trailer, dan semi trailer, serta industri karet, barang dari karet, dan plastik.

Baca juga: Imbas Corona, Garuda Potong Gaji Karyawannya

Berikut 11 sektor baru yang akan menerima keringanan pajak:

1. Sektor pangan, peternakan, perikanan dan hortikultura

2. Perdagangan bebas dan eceran

3. Ketenagalistrikan dan Energi Baru dan Terbarukan

4. Minyak dan gas

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X