Tetap Produktif Bekerja dari Rumah (bag 2)

Kompas.com - 23/04/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home. SHUTTERSTOCKIlustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home.

Pada edisi sebelumnya, telah kita sampaikan beberapa alasan konsep bekerja dari rumah dipilih, serta memastikan seluruh karyawan tetap memberikan kontribusi positif meskipun dilakukan dari rumah.

Memahami alasan kebijakan bekerja dari rumah sangat penting agar kedua belah pihak, karyawan dan perusahaan, memiliki pemahaman yang sama sehingga tidak terjadi salah paham yang sering bersifat kontraproduktif.

Baca juga: Tetap Produktif Bekerja dari Rumah (Bag 1)

Dan alasan-alasan tersebut adalah 1 dari 4 aspek yang harus dipahami untuk memastikan karyawan tetap produktif bekerja dari rumah sesuai dengan konsep bekerja dari rumah. Untuk memudahkan kita memahami, konsep tetap produktif bekerja dari rumah akan kita bahas dalam 4 bagian, yaitu:

• Alasan atau sebab bekerja dari rumah
• Manfaat bekerja dari rumah
• Risiko bekerja dari rumah
• Cara Produktif bekerja dari rumah

Setelah kita bahas bagian pertama, maka sekarang mari kita kaji poin kedua yaitu beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kebijakan ini diambil.

Manfaat pertama adalah akan ada lebih banyak keseimbangan kehidupan kerja atau life balance.

Tidak diragukan lagi bahwa dengan bekerja dari rumah, life balance akan didapatkan oleh seluruh karyawan. Dengan life balance yang meningkat kuantitas dan kualitasnya, secara empiris terbukti meningkatkan produktifitas dan engagement karyawan terhadap perusahaan.

Hal ini terjadi terutama pada karyawan dari millennial, di mana saat ini populasi generasi tersebut telah mencapai 60 persen dari total rata-rata demografi karyawan di dalam perusahaan.

Artinya, jika 60 persen karyawan memiliki engagement yang tinggi dengan produktifitas yang mantap maka ini adalah jaminan perusahaan akan survive dan success.

Manfaat kedua adalah suasana yang lebih tenang atau ramah ditemukan di rumah yang membantu karyawan berkonsentrasi pada pekerjaan. Manfaat kedua ini terutama sangat dibutuhkan oleh posisi atau fungsi yang berkaitan dengan pekerjaan dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Hindari 4 Kesalahan Ini agar Produktif

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X