KILAS

Mentan: Kalau Panen Bagus Berarti Pemerintahannya Juga Bagus

Kompas.com - 23/04/2020, 19:48 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menghadiri panen padi inbrida di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten , Kamis (23/4/2020).
DOK. Humas Kementerian PertanianMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menghadiri panen padi inbrida di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten , Kamis (23/4/2020).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi petani yang terus bersemangat sehingga panen raya masih terus berlangsung di beberapa tempat.

Salah satunya di lahan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Tani, di Desa Tanjung Jaya,  Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Di sana Gapoktan Karya Tani panen padi varietas Ciherang di lahan seluas 250 hektar (ha).

"Menurut ilmu yang saya pahami, kalau panen bagus berarti pemerintahannya juga bagus," ujarnya saat menghadiri panen padi inbrida bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita, Kamis (23/4/2020).

Menteri yang akrab disapa SYL ini menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19 ini pemerintah harus hadir menyelamatkan 267 juta jiwa penduduk Indonesia.

Baca juga: ATM Pertanian, Cara Kementan Percepat Distribusi Bantuan Pangan

Menurutnya, ini saatnya pemerintah bergerak untuk membantu dan meyakinkan bahwa kondisi akan baik-baik saja.

"Contohnya seperti yang terlihat bahwa panen padi masih berlangsung di beberapa wilayah, kebutuhan pangan rakyat pasti tercukupi,” terangnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dia juga menyebut, ada dua sektor yang tidak boleh berhenti dalam situasi seperti ini yaitu pertanian dan dan kesehatan.

“Oleh karena itu dengan ibu bupati yang sangat aktif ini saya semakin bersemangat dan ini adalah tanda-tanda kemajuan bagi Kabupaten Pandeglang," ungkapnya.

Baca juga: Kementan akan Tindak Tegas Distributor dan Penyalur Pupuk Bersubsidi yang Curang

Pada kesempatan ini, SYL juga memberikan bantuan berupa benih jagung hibrida, mesin pascapanen power thresher , sarana dan prasarana, bantuan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 10 miliar dan ongkos pengolahan lahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X