Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kadin DKI Apresiasi Upaya Kementan Sediakan Kebutuhan Pokok

Kompas.com - 25/04/2020, 14:26 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi, mendukung terobosan dan inovasi Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyediakan kebutuhan pokok.

Terobosan yang dimaksud adalah Pasar Mitra Tani di Jabodetabek dan kerja sama dengan layanan pesan antar online, seperti Gojek, Grab, dan Blibli Indonesia.

Menurut Diana, kedua inovasi tersebut cocok diterapkan pada kondisi saat ini. Dengan terobosan itu, masyarakat dapat menikmati sajian dapur tanpa perlu keluar rumah.

“Inovasi tersebut memudahkan masyarakat dalam berpuasa dan mengikuti kebijakan darurat coronavirus disease 2019 (Covid-19),” kata Diana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Jaga Stabilitas Harga Pangan Saat Panen Raya, Kementan Kolaborasikan Kostraling dan Blibli.com

Senada dengan Diana, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Pasar Mitra Tani merupakan solusi atas persoalan pangan dan kondisi perekonomian saat ini.

Pasalnya, bahan pangan pokok yang dijual di Pasar Mitra Tani relatif lebih murah dari harga rata-rata pasar. Meski begitu, kualitas bahan pangan yang disediakan tak kalah segar.

Untuk diketahui, Pasar Mitra Tani dapat menjual dengan harga murah dan kualitas baik karena enam hingga tujuh rantai produksi dipangkas menjadi tiga rantai saja.

Selain itu, pasokan bahan pangan dikirim langsung oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari lokasi pertanian.

Baca juga: Pasar Mitra Tani dan Upaya Kementan untuk Kemudahan Distribusi Pangan

“Kami mendorong Pasar Mitra Tani menjadi penyambung kebutuhan rakyat dengan ketersediaan pangan,” kata Syahrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com