KILAS

Kadin DKI Apresiasi Upaya Kementan Sediakan Kebutuhan Pokok

Kompas.com - 25/04/2020, 14:26 WIB
Kerjasama antara Grab Indonesia dengan Kementan merupakan upaya untuk memastikan ketersediaan bahan pangan termasuk daging, ayam, ikan, susu dan produk jadi lainnya bagi masyarakat, walaupun saat ini tengah tinggal di rumah. Grab IndonesiaKerjasama antara Grab Indonesia dengan Kementan merupakan upaya untuk memastikan ketersediaan bahan pangan termasuk daging, ayam, ikan, susu dan produk jadi lainnya bagi masyarakat, walaupun saat ini tengah tinggal di rumah.

KOMPAS.com – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi, mendukung terobosan dan inovasi Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyediakan kebutuhan pokok.

Terobosan yang dimaksud adalah Pasar Mitra Tani di Jabodetabek dan kerja sama dengan layanan pesan antar online, seperti Gojek, Grab, dan Blibli Indonesia.

Menurut Diana, kedua inovasi tersebut cocok diterapkan pada kondisi saat ini. Dengan terobosan itu, masyarakat dapat menikmati sajian dapur tanpa perlu keluar rumah.

“Inovasi tersebut memudahkan masyarakat dalam berpuasa dan mengikuti kebijakan darurat coronavirus disease 2019 (Covid-19),” kata Diana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Jaga Stabilitas Harga Pangan Saat Panen Raya, Kementan Kolaborasikan Kostraling dan Blibli.com

Senada dengan Diana, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Pasar Mitra Tani merupakan solusi atas persoalan pangan dan kondisi perekonomian saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, bahan pangan pokok yang dijual di Pasar Mitra Tani relatif lebih murah dari harga rata-rata pasar. Meski begitu, kualitas bahan pangan yang disediakan tak kalah segar.

Untuk diketahui, Pasar Mitra Tani dapat menjual dengan harga murah dan kualitas baik karena enam hingga tujuh rantai produksi dipangkas menjadi tiga rantai saja.

Selain itu, pasokan bahan pangan dikirim langsung oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari lokasi pertanian.

Baca juga: Pasar Mitra Tani dan Upaya Kementan untuk Kemudahan Distribusi Pangan

“Kami mendorong Pasar Mitra Tani menjadi penyambung kebutuhan rakyat dengan ketersediaan pangan,” kata Syahrul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.