Beda Pernyataan Anies dan Pengusaha soal Pembukaan Mal

Kompas.com - 27/05/2020, 13:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers dengan Kepala BNPB Doni Monardo, Senin (25/5/2020) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers dengan Kepala BNPB Doni Monardo, Senin (25/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengusaha mal yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia ( APPBI) merilis daftar 67 mal di DKI Jakarta yang akan buka tanggal 5 Juni. Lalu menyusul 6 mal lainnya pada tanggal 8 Juni 2020.

Ketua APPBI Ellen Hidayat mengatakan, alasan dibukanya kembali puluhan mal tersebut lantaran pengelola pusat belanja dan retailer atau tenant mengalami kesulitan finansial akibat penutuan pusat perbelanjaan tersebut beberapa waktu lalu.

"Dampak ini juga secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya. Oleh sebab itu, atas dorongan para retailer dan tenant khususnya UKM yang minta agar mal segera dibuka," ujar Ellen, Selasa (27/5/2020).

Ellen berharap dengan dibukanya kembali pusat perbelanjaan, akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Ini Alasan Pengusaha Mau Buka Kembali 67 Mal di Jakarta pada 5 Juni

Selain itu, Ellen juga mengatakan adanya dorongan dari pemerintah agar pengusaha berani dan mulai menghadapi Covid-19. Apalagi ada Surat Keputusan dari Menkes dan adanya rencana berakhirnya PSBB DKI ke 3 pada tanggal 4 Juni 2020.

Belakangan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) belum menentukan kapan mal atau pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kembali beroperasi.

Pernyataan Anies sekaligus menanggapi keterangan APPBI yang berencana membuka pusat perbelanjaan di wilayahnya mulai 5 Juni nanti.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi," ucap Anies di Jakarta. 

Baca juga: Bantah Mal di Jakarta Buka Mulai 5 Juni, Anies: Itu Imajinasi, Itu Fiksi...

Sebagai informasi, pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) baru akan berakhir pada 4 Juni 2020. Pemprov DKI sendiri sejauh ini belum memutuskan apakah akan mengusulkan perpanjangan status tersebut.

Jokowi tinjau Mal Summarecon Bekasi

Sehari sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Summarecon Mall di Bekasi untuk memastikan penerapan new normal atau normal baru sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Dilansir dari Antara, Jokowi sempat meninjau persiapan penerapan standar normal baru, yang mencakup pelaksanaan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, di sarana perniagaan Mall Summarecon pada Senin kemarin (27/5/2020).

Jokowi tiba di pusat niaga tersebut pukul 13.58 WIB. Ia didampingi oleh Kepala Polri Jenderal Pol Idham Azis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X