Lion Air Group Hentikan Penerbangan Selama 5 Hari, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/05/2020, 13:14 WIB
Pesawat Lion Air AirbusPesawat Lion Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air Group kembali memutuskan untuk menghentikan sementara layanan penerbangannya selama 5 hari dari 27-31 Mei 2020.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penghentian layanan sementara ini disebabkan banyaknya penumpang belum memahami persyaratan penerbangan selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Berdasarkan evaluasi atas pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya, banyak calon penumpang yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau tidak bisa terbang dan harus kembali dengan segala biaya yang telah dikeluarkan (kerugian), hanya karena ketidaktahuan atau ketidakpahaman atas ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan perjalanan dengan pesawat udara," kata Danang melalui keterangan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Beda Pernyataan Anies dan Pengusaha Soal Pembukaan Mal

Dengan demikian, manajemen Lion Air berkesimpulan bahwa para calon penumpang masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dan memahami persyaratan yang dibutuhkan untuk rencana bepergian menggunakan pesawat udara.

"Calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami bagaimana dokumen-dokumen perjalanan dipenuhi dan di mana calon penumpang mendapatkannya," ujarnya.

Danang kembali mengatakan, atas ketidakpahaman para penumpang tersebut pihak Lion Air Group akan melakukan sosialisasi yang lebih intensif melalui website dan kantor-kantor cabang serta menghentikan sementara operasional penerbangan selama 5 hari, mulai 27-31 Mei 2020.

Baca juga: Tak Punya SIKM, Tidak Bisa Naik Kereta dari dan ke Stasiun Gambir

Sementara penumpang yang telah membeli tiket, pihak Lion Air Group akan bertanggungjawab untuk memfasilitasi proses pengembalian dana tanpa potongan (full refund).

Selain itu Lion Air juga akan menyediakan opsi perubahan jadwal keberangkatan tanpa tambahan biaya melalui Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia.

Para calon penumpang juga bisa menghubungi layanan kontak pelanggan (call center) 021-6379 8000 dan 0804-177-8899 untuk melakukan proses pengembalian dana atau pengubahan jadwal tiket penerbangan.

"Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), melalui peran serta aktif melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," ucap Danang.

Baca juga: Penjualan Ambles, Perusahaan Mobil Balap F1 Ini Akan Pangkas 1.200 Karyawan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X