Ini Langkah Preventif Gramedia Saat New Normal Diberlakukan

Kompas.com - 03/06/2020, 16:22 WIB
Foto : Toko Buku Gramedia Maumere. KOMPAS.COM/NANSIANUS TARISFoto : Toko Buku Gramedia Maumere.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gramedia memberlakukan langkah preventif yang wajib harus dilakukan baik kepada manajemen toko, kasir, hingga pelanggan.

"Langkah preventif ini juga sudah kami lakukan untuk toko-toko Gramedia yang telah resmi dibuka kembali. Hanya saja perlu diketahui toko yang sudah kembali dibuka adalah toko yang wilayahnya sudah tidak diterapkan PSBB," kata Corporate Secretary GM PT Gramedia Asri Media Yosef Adityo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Pertama, untuk manajemen toko Gramedia langkah preventif yang harus dilakukan, dikatakan Yosef, adalah rutin melakukan pembersihan area toko dengan disenfektan, menyediakan hand sanitizer dan menerapkan kewajiban memakai masker.

Baca juga: Gramedia Buka Akses Gratis Baca E-book, Begini Caranya

Kemudian membuka jam operasional sesuai dengan aturan pemerintah setempat hingga membatasi jumlah pelanggan sesuai keleluasan area toko.

"Jadi kalau untuk karyawan yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat kami akan suruh pulang dan memeriksakan dirinya ke faskes terdekat. Terus, pada saat pembayaran di meja kasir kami telah menyediakan sekat akrilik atau mika agar tidak berkontak langsung dengan pelanggan," katanya.

Untuk para pramuniaga atau kasir toko, pihaknya mewajibkan para karyawan mengenakan masker atau face Shield, membersihkan area kasir dengan disinfektan secara berkala dan wajib menjaga jarak kepada para pelanggan pada saat melayani.

Untuk para pelanggan atau customer, Gramedia mewajibkan para pelanggannya mengenakan masker, wajib mencuci tangan di tempat yang disediakan, bersedia diukur suhu tubuhnya dan jika suhu tubuh melebihi batas maka pelanggan dilarang masuk serta para pelanggan harus bersedia menunggu di luar area toko ketika jumlah pengunjung di dalam melebihi kapasitas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X