Kemenag Bantah Ada Kenaikan Uang Kuliah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Kompas.com - 07/06/2020, 20:12 WIB
Gedung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comGedung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamarudin Amin menegaskan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di masa Pandemi Covid-19.

PTKIN ini meliputi Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam negeri ( IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

“Informasi adanya kenaikan UKT yang diberlakukan kepada mahasiswa UIN, IAIN, dan STAIN tidaklah benar,” kata Kamarudin dalam siaran resmi, Minggu (7/6/2020).

Baca juga: Jack Ma hingga Pendiri Xiaomi, Apa Jurusan Kuliah 5 Miliarder China?

Kamarudin menuturkan, besaran UKT mahasiswa ditetapkan setiap tahun akademik. Besaran UKT untuk tiap-tiap mahasiswa ditentukan oleh Pimpinan PTKIN dan ditetapkan oleh Keputusan Menteri Agama (KMA) setiap tahun.

“UKT Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 telah ditetapkan berdasarkan KMA 1195/2019 tertanggal 27 Desember 2019,” papar dia.

Namun, lanjut Kamaruddin, mahasiswa bisa mengajukan keringanan pembayaran UKT bila kurang mampu secara ekonomi/perubahan kemampuan ekonomi bila orang tua/wali meninggal atau terkena PHK dengan syarat-syarat tertentu.

"Semua pihak harus bersama-sama memberikan empati terhadap siapa saja yang mengalami kesulitan pada masa pandemi Covid-19, termasuk menurunnya ekonomi orang tua/wali mahasiswa," ujarnya.

Sebagai informasi, Kemenag tengah membahas penyesuaian regulasi agar ada ruang memberikan keringanan pembayaran UKT untuk membantu mahasiswa terdampak Covid-19.

Ada sejumlah opsi yang dimatangkan, antara lain perpanjangan waktu pembayaran, pengangsuran UKT (khusus PTKIN BLU) hingga pengurangan UKT.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X