Ingin Tetap Bekerja Tanpa ke Kantor Pasca-pandemi? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 22/06/2020, 08:40 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah, physical distancing selama pandemi virus corona, Covid-19. SHUTTERSTOCK/fizkesIlustrasi bekerja di rumah, physical distancing selama pandemi virus corona, Covid-19.

KOMPAS.com - Akibat pandemi virus corona, banyak perusahaan yang terpaksa harus mengizinkan pegawainya bekerja dari rumah (work from home). Meski banyak orang menilai bekerja dari rumah tidak seproduktif jika bekerja di kantor, namun beberapa oranng lain mjustru beranggapan sebaliknya.

Beberapa perusahaan teknologi seperti Twitter hingga Facebook pun mulai menyesuaikan kebijakan bekerja dari rumah atau bekerja secara remote untuk bisa diaplikasikan bila masa pandemi berakhir. Namun demikian, banyak perusahaan yang masih belum mengizinkan atau berencana untuk melakukan hal itu.

Sehingga, jika Anda merasa cocok bekerja dari rumah, Anda harus meminta izin kepada bos atau atasan Anda di kantor.

Baca juga: PNS Bakal Kerja dalam Dua Shift, Ini Jadwalnya

Adapun berikut beberapa tips meminta izin untuk bekerja dari rumah seperti dikutip dari Fastcompany.com, Senin (22/6/2020):

1. Pastikan Anda benar-benar berminat bekerja remote

Bekerja dari rumah sudah bisa dipastikan memiliki tantangan yang sangat berbeda dengan bekerja dari kantor. Ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan baik-baik sebelum memutuskan hal itu bisa terjadi.

Pertama, bekerja dari ruamh tidak akan terasa sama jika seluruh teman kerja Anda kembali bekerja dari kantor.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan, jika hanya Anda seorang yang memutuskan untuk bekerja dari rumah, rekan-rekan kerja Anda harus terus mengingat untuk melakukan panggilan video hanya untuk Anda ketika ada pertemuan-pertemuan penting. Selain itu jika berada di rumah, Anda juga dalam waktu yang bersamaan dihadapkan pada berbagai tanggung jawab rumah tangga Anda.

Baca juga: WFH Bikin Sri Mulyani Kerja 24 Jam Sehari, 7 Hari dalam Seminggu...

2. Kumpulkan bukti-bukti untuk memperkuat alasan Anda

Jika Anda memutuskan bekerja remote adalah yang cocok untuk Anda, kemungkinan ada banyak alasan: mulai dari jarak antara tempat kerja dan rumah yang jauh, hingga keperluan untuk bisa mencuci pakaian di tengah hari. Dan tidak masalah bahwa akan ada alasan pribadi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X