Indeks Harga Perdagangan Besar Juni 2020 Naik 0,16 Persen

Kompas.com - 01/07/2020, 15:09 WIB
Ilustrasi pertanian Ervan Hardoko/KOMPAS.comIlustrasi pertanian

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) pada Juni 2020 naik sebesar 0,16 persen dibanding Mei 2020.

Perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,77 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 0,83 persen.

Kepala BPS Suhariyanto menuturkan, kenaikan IHPB tertinggi berada pada sektor pertanian, yang menyumbang inflasi pada Juni 2020.

Baca juga: Indonesia Terus Tingkatkan Produksi Pangan Lewat Pertanian Rakyat

IHPB pada sektor pertanian sebesar 0,22 persen (month to month/mtm) dan memberikan andil 0,12 persen pada Juni 2020. Dengan begitu, HPB sektor pertanian secara tahunan deflasi 2,60 persen dan secara tahun kalender deflasi 0,80 persen.

"Komoditas yang terjadi kenaikan adalah komoditas seperti daging ayam ras, telur ayam ras, ayam buras, dan tepung terigu," kata Suhariyanto dalam konferensi video, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada Juni 2020 naik sebesar 0,02 persen terhadap bulan sebelumnya.

Berdasarkan kelompok bangunan, tiga di antaranya mengalami deflasi, salah satunya yakni bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal sebesar 0,09 persen yang memberikan andil 0,03 persen.

"Ada kenaikan untuk beberapa kelompok bahan bangunan, seperti solar industri, batu split, kayu lapis, lantai, dan barang dari logam alumunium. Komoditas lainnya yang mencatat penurunan adalah atap dan sejenisnya 1,44 persen, kayu gelondongan 1,16 persen, dan beberapa komoditas lainnya," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X