KILAS

Luncurkan #TerusUsaha di Manado, Grab Bantu UMKM Bertransformasi Digital

Kompas.com - 09/07/2020, 17:53 WIB
Peluncuran program #TerusUsaha di Manado, Sulawesi Utara. Dok. GrabPeluncuran program #TerusUsaha di Manado, Sulawesi Utara.


KOMPAS.com - Keindahan alam membuat Kota Manado identik dengan pariwisata. Tumbuhnya sektor pariwisata mendorong sektor ekonomi lainnya untuk turut berkembang, yaitu kuliner dan kerajinan.

Di Manado, usaha kuliner dan kerajinan sebagian besar dijalankan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM).

Alasan tersebut membuat Grab mengumumkan untuk membantu transformasi digital UMKM di Manado melalui program #TerusUsaha.

Program ini sejalan dengan misi GrabForGood yang merupakan langkah konkret dari Grab untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas, serta jangkauan bagi UMKM dan individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital.

Baca juga: Gig Economy, Grab Sukses Jaga Ketahanan Ekonomi Kota Balikpapan

“Kami akan mendorong bisnis kecil dan tradisional untuk merangkul teknologi dan menuju digitalisasi, untuk memastikan mereka tidak tertinggal dalam era digital,” ujar Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com Kamis (9/7/2020).

Ia juga menambahkan, untuk memastikan UMKM di Manado tetap bertahan dan terus maju di tengah wabah Covid-19, Grab menyediakan berbagai wadah dan teknologi supaya pelaku UMKM dapat belajar dan mulai melakukan transformasi digital.

Untuk itu, Grab bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado untuk membawa ratusan mitra Industri Kecil Menengah (IKM) binaan masuk dalam platform digital.

Hal ini dirasa penting karena UMKM dan pekerja di sektor informal menjadi tulang punggung ekonomi Manado.

Baca juga: Dukung UMKM di Masa New Normal, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

Berdasarkan riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, gig worker di empat layanan Grab secara keseluruhan berkontribusi sebesar Rp 402 miliar pada perekonomian Manado di 2019.

Di sisi lain, data Badan Pusat Statistik pada 2018 menunjukkan terdapat lebih dari 60.000 UMKM di Kota Manado, atau merupakan 20, 87 persen jumlah UMKM di provinsi Sulawesi Utara.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X