KILAS

Serius Jadi Pemain Terbesar di Platform Digital, Telkom Bangun Hyperscale Data Center

Kompas.com - 09/07/2020, 17:48 WIB
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Network & IT
Solution Telkom Herlan Wijanarko (kanan) dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian
Rachmawan melakukan seremoni groundbreaking HyperScale Data Center Telkom di Area Bekasi, Kamis
(9/7/2020). Dok. Humas Telkom IndonesiaDirektur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kanan) dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan melakukan seremoni groundbreaking HyperScale Data Center Telkom di Area Bekasi, Kamis (9/7/2020).


KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menyatakan untuk wujud komitmen menjadi digital telecommunication company, Telkom siap menghadirakan Hyperscale Data Center ( HDC).

“HDC membuktikan keseriusan Telkom untuk menjadi biggest player atau pemain terbesar di platform pasar digital," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Ririek saat hadir dalam peletakan batu pertamapembangunan Telkom HDC di area Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020).

Ririek mengatakan, Telkom HDC dibangun di lahan seluas 65.000 meter persegi (m2) dengan total kapasitas hingga 10.000 rack.

Baca juga: Akses Netflix Dibuka Telkom, Joko Anwar: Ekosistem Industri Film Semakin Sehat

"Telkom HDC juga mempunyai kapasitas total daya listrik sekitar 75 Megawatt (MW) dengan pembangunan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap," jelasnya.

Ia memaparkan, untuk tahap pertama akan dibangun 1 gedung data center, powerhouse, dan gedung kantor yang diperkirakan selesai tahun 2021.

"Dengan konsep green data center, Telkom HDC berkomitmen untuk menekan penggunaan emisi gas karbondioksida," tuturnya.

Ririek mengaku, komitmen itu diwujudkan dengan merencanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas serta penggunaan solar panel untuk area umum dan kantor di sekitar lokasi area.

Baca juga: Blokir sejak 2016 Akhirnya Dibuka Telkom, Ini Tanggapan Netflix

Menurut dia, dengan kemampuan untuk menyediakan fasilitas high density capacity, Telkom HDC nanti tidak hanya dapat digunakan okorporasi dan pelaku industri di Indonesia, tapi juga pemain besar content player kelas dunia.

"Komitmen TelkomGroup dalam bisnis data center dibuktikan dengan selalu menjadi yang pertama dalam mendapatkan sertifikasi bertaraf international," tegasnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X