Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 3 Tips Aman Terhindar dari Penipuan Investasi Saham

Kompas.com - 15/07/2020, 16:04 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tingginya aktivitas online selama pandemi Covid-19 membuat lonjakan yang signifikan pada transaksi online.

Namun demikian, perlu disadari, aktivitas transaksi online yang meningkat sejalan dengan kriminalitas siber.

Hal ini tidak ubahnya pada transaksi investasi yang dilakukan secara online. Para penipu dunia siber menggunakan banyak modus baru dalam mengelabui mangsanya untuk memperoleh uang dari iming-iming investasi.

Baca juga: Berapa Porsi Portofolio Investasi Reksa Dana yang Tepat Saat New Normal?

"Pada umumnya sasaran utama para penipu dengan membobol akun para investor. Mereka ini mengincar username, password dan secure PIN yang sebenarnya sifatnya pribadi atau personal," kata Deputy Head of Marketing IPOT dari PT Indo Premier Sekuritas, Paramita Sari melalui siaran media, Rabu (15/7/2020).

Oleh sebab itu, Paramita mengingatkan kepada investor untuk selalu menjaga kerahasiaan username, password, secure PIN, dan data pribadi ketika melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

"Jangan pernah memberikan data-data personal kepada siapa pun, apalagi mentransfer sejumlah uang ke oknum penipu. Investor wajib menjaga informasi pribadi ini," ungkap dia.

Paramita menambahkan, di PT Indo Premier Sekuritas dengan alasan apapun tidak pernah meminta data-data personal investor.

Dengan demikian, investor harus lebih awas jika saja dimintai data pribadi yang mengatasnamakan perusahaan investasi PT Indo Premier Sekuritas.

Baca juga: Investasi Aman dan “Cuan” di Masa New Normal, Mungkinkah?

Ada tiga hal yang perlu diwaspadai agar investasi online kamu tetap aman dari aksi penipuan, antara lain sebagai berikut. 

Pertama, jangan pernah percaya pada orang-orang yang tiba-tiba menghubungi dan mengaku-ngaku sebagai pegawai perusahaan investasi.

Kedua, lakukan panggilan ke call center resmi dan channel daring lainnya seperti email dan medsos resmi jika mengalami kendala atau masalah dalam melakukan investasi online.

Ketiga, lindungi kerahasiaan identitas mencakup username, password, secure PIN, dan data pribadi penting lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com