Sistem Pembayaran Antar-moda Transportasi di DKI Akan Terintegrasi

Kompas.com - 16/07/2020, 09:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran lainnya di PT JakLingko, Jakarta, Rabu (15/7/2020) . (Screenshoot) KOMPAS.com/ELSA CATRIANAGubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran lainnya di PT JakLingko, Jakarta, Rabu (15/7/2020) . (Screenshoot)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Pemerintah Pusat resmi mengintegrasikan sistem pembayaran tiket untuk seluruh moda transportasi di wilayah Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengatakan, sebagai langkah awal dalam melakukan pengintegrasian ini, telah dibentuk perusahaan baru yang diberi nama PT JakLingko Indonesia.

"Dengan begitu, kita bisa nantinya melihat warga, cukup dengan memiliki satu device apakah nantinya dalam bentuk kartu atau ponsel atau apa pun, bisa membayar semua moda transportasi di Jakarta," ujarnya melalui press conference secara virtual, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: 5 Visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025, Apa Saja?

Anis juga menyebutkan, adapun jenis moda transportasi yang akan diintegrasikan adalah TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), Commuter Line, dan moda transportasi lainnya yang tergabung dalam sistem JakLingko.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik kerja sama ini. Ia berharap dengan adanya kerja sama ini dapat mendorong transportasi massal di Indonesia menuju era baru dengan pelayanan yang lebih terpadu.

"Melalui inovasi-inovasi ini kami berharap bisa memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan transportasi massal, seperti KRL, MRT, LRT, dan BRT," katanya.

Selain itu, dia juga berharap ke depannya pembayaran yang terintegrasi ini juga bisa dilakukan ke moda transportasi lain, seperti taksi dan ojek online. Dengan begitu, lanjut dia, bisa membuat tingkat kemacetan di wilayah Jakarta menjadi berkurang.

"Apa yang dilaksanakan di Jabodetabek ini bisa menjadi contoh di kota lain di Indoensia, sehingga pelayanan transportasi massal akan semakin meningkat dan mengurangi tingkat kemacetan," kata dia.

Sementara itu, perusahaan yang tergabung dalam PT JakLingko ini terdiri dari PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), PT Transportasi Jakarta (TJ), PT MRT Jakarta (MRTJ), dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.