Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pembayaran Antar-moda Transportasi di DKI Akan Terintegrasi

Kompas.com - 16/07/2020, 09:34 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Pemerintah Pusat resmi mengintegrasikan sistem pembayaran tiket untuk seluruh moda transportasi di wilayah Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengatakan, sebagai langkah awal dalam melakukan pengintegrasian ini, telah dibentuk perusahaan baru yang diberi nama PT JakLingko Indonesia.

"Dengan begitu, kita bisa nantinya melihat warga, cukup dengan memiliki satu device apakah nantinya dalam bentuk kartu atau ponsel atau apa pun, bisa membayar semua moda transportasi di Jakarta," ujarnya melalui press conference secara virtual, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: 5 Visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025, Apa Saja?

Anis juga menyebutkan, adapun jenis moda transportasi yang akan diintegrasikan adalah TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), Commuter Line, dan moda transportasi lainnya yang tergabung dalam sistem JakLingko.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik kerja sama ini. Ia berharap dengan adanya kerja sama ini dapat mendorong transportasi massal di Indonesia menuju era baru dengan pelayanan yang lebih terpadu.

"Melalui inovasi-inovasi ini kami berharap bisa memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan transportasi massal, seperti KRL, MRT, LRT, dan BRT," katanya.

Selain itu, dia juga berharap ke depannya pembayaran yang terintegrasi ini juga bisa dilakukan ke moda transportasi lain, seperti taksi dan ojek online. Dengan begitu, lanjut dia, bisa membuat tingkat kemacetan di wilayah Jakarta menjadi berkurang.

"Apa yang dilaksanakan di Jabodetabek ini bisa menjadi contoh di kota lain di Indoensia, sehingga pelayanan transportasi massal akan semakin meningkat dan mengurangi tingkat kemacetan," kata dia.

Sementara itu, perusahaan yang tergabung dalam PT JakLingko ini terdiri dari PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), PT Transportasi Jakarta (TJ), PT MRT Jakarta (MRTJ), dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com