Banyak Bandara Lakukan Penyesuaian Jam Operasional, Ini Daftarnya

Kompas.com - 23/07/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Dok. Shutterstock/3000adIlustrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyatakan, pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaan terus mengalami pertumbuhan, sejak Juni lalu. Hal ini membuat bandara harus melakukan penyesuaian jam operasional.

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, mengatakan, lalu lintas penumpang pada periode 1-21 Juli 2020 mencapai 875.213 orang. Jumlah ini lebih tinggi dibanding Juni 2020 yang hanya mencapai 648.567 orang dan Mei 2020 yang hanya 77.342 orang.

"Peningkatan ini membawa optimisme akan kebangkitan industri aviasi walau pertumbuhannya secara perlahan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Penyaluran Dana Bergulir Rp 1 Triliun untuk Koperasi Akan Dipercepat

Lebih lanjut, Faik menjabarkan, lalu lintas penumpang tertinggi periode 1 - 21 Juli terjadi di Bandara Juanda, Surabaya yang mencapai 212.374 orang.

Kemudian di susul Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, dengan jumlah sebanyak 204.603 orang. Disusul andara SAMS Sepinggan, Balikpapan yang mencapai 114.174 orang.

Demi menjaga tren pertumbuhan pergerakan penumpang di bandara kelolaan, Faik menekankan pentingnya protokol kesehatan dalam operasional bandara, selama wabah pandemi Covid-19 masih membayangi.

"Hal yang perlu dijaga adalah konsistensi dan kedisiplinan mengimplementasikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat di tengah tren peningkatan jumlah penumpang agar kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara semakin meningkat," tutur Faik.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Perbankan Syariah Waspada, Ada Apa?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X