Dukung Gerakan Non Tunai, Jenius Luncurkan Fitur QR Code

Kompas.com - 27/07/2020, 15:40 WIB
Ilustrasi QR code SHUTTERSTOCK/BloomiconIlustrasi QR code

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenius, solusi perbankan dari PT Bank BTPN Tbk meluncurkan fitur untuk mendorong peningkatan pembayaran non tunai, yaitu Jenius QR.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintaradja mengatakan, fitur ini diluncurkan selain untuk mendukung kenyamanan bertransaksi masyarakat digital savvy Indonesia, juga sekaligus mendukung program Bank Indonesia (BI) untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai.

“Melalui proses kokreasi, Jenius mendengar kebutuhan digital savvy akan cara pembayaran yang semakin mudah dan simpel, salah satunya layanan transaksi non-tunai. Untuk itu, kami memperkenalkan Jenius QR sebagai metode pembayaran baru secara non-tunai untuk transaksi yang lebih simpel, cerdas, dan aman karena transaksi tersebut langsung terhubung dengan Saldo Aktif dan tercatat di Transaction History," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Jenius Hadirkan Fitur untuk Kelola Keuangan

Selain itu, imbuh Waasi, Jenius QR diharapkan bisa memaksimalkan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar bisa meminimalisir kontak fisik, termasuk ketika melakukan transaksi pembayaran dan memberikan kemudahan bagi merchant serta para pengguna Jenius.

Masa adaptasi kebiasaan baru ini, kata dia, telah mengubah kebiasaan dan cara dalam melakukan segala hal, termasuk dalam mengakses kebutuhan finansial hingga pengalokasian dana agar dapat bertahan di tengah situasi saat ini.

Dia juga menjelaskan, Jenius QR dapat diterima untuk beragam jenis transaksi di jaringan QRIS mana pun.

Pengguna cukup memindai (scan) QRIS dengan Jenius untuk melakukan pembayaran minimal Rp 10.000 di semua merchant QRIS seluruh Indonesia, mulai dari jajan di warung sampai belanja di toko dan makan di restoran, saat akan melakukan pembayaran.

Baca juga: Jaring Talenta Lokal, Jenius Tech Hub Hadir di Bandung

"Pengguna cukup memindai QRIS dengan aplikasi Jenius tanpa perlu berpindah ke aplikasi lain dan tanpa repot top up lagi. Pembayaran QRIS dengan Jenius akan memotong Saldo Aktif dan setiap transaksinya akan langsung tercatat di Moneytory, sehingga pengguna dapat mengetahui dan melacak pengeluaran dengan lebih simpel," jelas Waasi. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X