Amartha Catat Tingkat Pengembalian 100 Persen di Wilayah Sumatera

Kompas.com - 29/07/2020, 15:41 WIB
Founder dan CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAFounder dan CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) mencatatkan Tingkat Keberhasilan Pengembalian (TKB) atau repayment rate, dengan nilai di posisi 100 persen di Wilayah Sumatera pada kuartal I tahun 2020.

CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan pencapaian tersebut mencerminkan adanya kebangkitan ekonomi di desa yang ada di wilayah Sumatra.

"Hanya terjadi sedikit penurunan sebanyak 2 persen pada Mei 2020, namun pada Juni 2020 hingga saat ini telah kembali di posisi 100 persen,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Penyaluran Pinjaman Amartha Melonjak 43,87 Persen

Hingga saat ini, Amartha telah menyalurkan Rp 78 Miliar kepada 18.399 mitra di Provinsi Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Sumatra Utara.

Andi menambahkan, bahwa TKB yang menurutnya sangat baik ini dipengaruhi oleh karakter sosial dan budaya masyarakat Sumatera yang tangguh dan memiliki rasa gotong royong yang tinggi antar anggota kelompok Majelis Amartha.

"Selain itu pula, karena didorongnya peran dari petugas lapangan Amartha yang giat memberikan pendampingan usaha di tiap minggunya dan memberikan kepercayaan diri bagi para Mitra untuk terus mengembangkan usaha dalam masa pandemi Covid-19 saat ini," katanya.

Amartha juga memperketat algoritma credit scoring dan seleksi pencairan berdasarkan wilayah persebaran covid-19, sehingga di wilayah zona merah tidak dilakukan pencairan baru.

Pada zona kuning diberlakukan kebijakan titip bayar tanpa perkumpulan majelis. Sementara untuk wilayah zona hijau, pencairan dan pelayanan dilakukan secara normal dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X