Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Diskon KAI, Ini Tarif Pengiriman Barang ke Bandung dan Surabaya

Kompas.com - 09/08/2020, 13:42 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan diskon sebesar 17 untuk layanan pengiriman barang menggunakan kereta api atau Rail Express pada periode 8 - 31 Agustus 2020.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan, promo tersebut digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

"Dengan adanya promo tersebut, tarif yang dibayarkan pelanggan untuk layanan Rail Express semakin murah," katanya, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (9/8/2020).

Baca juga: Promo Hypermart Jelang HUT RI, Ada Diskon 17 Persen

Dengan adanya diskon tersebut, Joni mencotohkan, tarif pengiriman menggunakan kereta dari Jakarta ke Bandung sebesar Rp 600 per kg menjadi Rp 498 per kg.

Sementara tarif pengiriman barang menggunakan kereta dari Jakarta ke Malang dari Rp 1.700 per kg menjadi Rp 1.411 per kg. Sedangkan tarif kirim barang dari Jakarta ke Surabaya dari Rp 1.500 per kg menjadi Rp 1.245 per kg.

"Saat ini layanan rail Express tersedia di 60 Stasiun di Pulau Jawa. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC," tutur Joni.

Joni menambahkan, melalui promo tersebut, KAI berharap semakin banyak masyarakat yang mengantarkan barang menggunakan kereta api sehingga bermanfaat untuk mengurangi polusi udara dan beban jalan raya.

Baca juga: Kuota 800.000, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Lewat Online

"Hal tersebut juga akan mendukung program pemulihan ekonomi nasional yang saat ini sedang digalakan oleh pemerintah," kata Joni.

Sebagai informasi, layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail di antaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.

Baca juga: Diincar Gibran Rakabuming, Berapa Gaji Wali Kota Solo?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com