Adaro Energy Pangkas Belanja Modal 2020

Kompas.com - 28/08/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi tambang batu bara KOMPAS/DWI BAYU RADIUSIlustrasi tambang batu bara
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) akan melakukan pemangkasan belanja modal atau Capital Expenditure (Capex) di sisa tahun ini.

Pemangkasan Capex tersebut dari 350 juta dollar AS sampai dengan 400 juta dollar AS menjadi 200 juta dollar AS sampai dengan 250 juta dollar AS.

“Capex kami ada revisi tahun ini dan revisi ini kami lakukan dengan sangat hati-hati dan tidak mengorbankan poduktivitas alat-alat,” kata Chief Financial Officer ADRO, Lie Luckman dalam Public Expose, Jumat (28/8/2020)

Baca juga: Maskapai Asal AS ini Akan Pangkas 2.850 Pilot

Luckman menyebutkan, perseroan akan berupaya untuk mengurangi pengeluaran untuk alat-alat yang memang masih dibutuhkan, utamanya dalam jangka waktu panjang.

Maintenance yang terkait dengan produksi dan Capex untuk jangka panjang yang esensial tetap kita lakukan,” kata dia.

Di sisi lain, perseroan masih belum memproyeksikan target produksi batu bara di tahun 2021. Namun Lukman yakin akan ada peningkatan permintaan batu bara baik secara domestik maupun di kawasan Asia.

Baca juga: Tapera Ditargetkan Mulai Berjalan pada Oktober 2020

“Saat ini dampak Covid-19 membuat demand agak tertekan, tapi kita yakin dalam jangka panjang demand batu bara cukup menjanjikan karena merupakan sumber energy murah dan diandalkan di negara berkembang. Kami optimis dalam jangka waktu panjang, demand masih kuat,” jelas dia.

Saat ini, Adaro sedang mengembangkan EBT Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), PLT Mini-Hydro dan PLT Biomassa melalui PT Adaro Power.

Namun perusahaan tidak menutup kemungkinan untuk mengembangan sumber energi terbarukan lainnya seperti Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) dan lain sebagainya.

Baca juga: Garuda Sesalkan Pelecehan Seksual oleh Penumpang terhadap Awak Kabin



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X