UMKM Bisa Pasang Iklan Lowongan Kerja Gratis, Ini Syaratnya

Kompas.com - 31/08/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman
|

JAKARTA, KOMPAS.com - TopKarir, startup lokal yang membantu perusahaan mencari dan mengembangkan talenta siap kerja, menggratiskan pemasangan iklan lowongan kerja selama 3 bulan melalui platform tersebut.

Pelaku UMKM yang berminat dapat mendaftar mulai dari 26 Agustus hingga 30 September 2020. Persyaratan utama UMKM untuk mendaftar adalah memiliki usaha berbadan hukum.

CEO TopKarir Bayu Janitra Wirjoatmodjo menyatakan insiatif dilakukannya adalah untuk membantu para pelaku UMKM berkembang.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini Syarat dan Cara Pendaftaran Program Kakak Asuh UMKM

“Dengan pemasangan iklan lowongan kerja gratis di TopKarir, kami berharap mereka bisa menghemat biaya operasional, dan menemukan tim yang sesuai dengan kebutuhan saat ini," ujarnya mengutip siaran persnya, Senin (31/8/2020).

"Biar kami yang bantu mencarikan talenta yang paling cocok, pelaku UMKM bisa fokus pada hal lainnya," sambungnya.

Dia mengatakan berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2020 akan meningkat hingga 9,2 persen, atau 5,5 juta orang.

Sementara itu kata dia, data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan, UMKM telah berkontribusi 99 persen dari total lapangan kerja dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Baca juga: Langganan Spotify Premium Bisa Bayar Pakai GoPay, Begini Caranya

Menurut Bayu, hal ini menunjukkan, besarnya peluang lapangan kerja yang diciptakan UMKM untuk mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu pula bisa mendongkrak perekonomian bangsa secara merata.

“Keberadaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia mampu meningkatkan perekonomian rakyat secara merata. Masyarakat yang berada di pelosok sekalipun, tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mendapatkan penghidupan layak. Mereka bisa berkarya di daerahnya sendiri," ungkapnya.

Bayu menambahkan bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan akses pemasangan lowongan kerja gratis di TopKarir, bisa mendaftar melalui bit.ly/FreeUMKM mulai hari ini, 26 Agustus hingga 30 September 2020.

UMKM yang memenuhi persyaratan akan dihubungi oleh TopKarir dan diberikan akses gratis selama tiga bulan hingga Desember 2020 untuk memasang lowongan kerja dan magang di platform TopKarir.

Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran Gelombang 7 Kartu Prakerja Dibuka Pekan Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X