Sebulan, Sampoerna Donasi 7 Mesin PCR

Kompas.com - 05/09/2020, 18:50 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona. ShutterstockIlustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk mendonasikan mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta kelengkapannya. Bantuan ini diharapkanqt turut mempercepat proses penanganan pandemi Covid-19.

Direktur HM Sampoerna Elvira Lianita menjelaskan, sepanjang periode Agustus-September 2020, perseroan telah menyerahkan 7 mesin PCR beserta kelengkapannya.

Adapun pada awal pekan ini, perseroan menyerahkan satu mesin PCR kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Sampoerna Sumbang Mesin PCR dan APD ke Malang dan Pasuruan

Sebelumnya, Sampoerna telah memberikan mesin PCR beserta kelengkapannya kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya.

Elvira menyebut,nmesin PCR yang didedikasikan kepada para tenaga medis dan warga Jabar tersebut mampu memeriksa lebih dari 60 spesimen Covid-19 per jam.

Bantuan ini, imbuhnya, merupakan komitmen Sampoerna, sebagai salah satu warga usaha di Jabar, dalam mendukung Pemprov Jabar dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

"Kami berharap bantuan ini dapat turut mempercepat pemeriksaan sampel usap terhadap warga Jabar. Dengan demikian, warga yang tidak terpapar Covid-19 dapat segera beraktivitas kembali," ujar Elvira dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/9/2020).

Baca juga: Sampoerna Donasi Mesin PCR Lengkap Siap Pakai untuk Warga Jatim

Adapin sejalan dengan imbauan Pemprov Jabar serta Pemkab Karawang, Elvira mengatakan Sampoerna secara konsisten turut mensosialisasikan serta memastikan fasilitas produksi Sampoerna di Jawa Barat menerapkan kebiasaan baru.

Ini mulai dari metode jaga jarak (physical distancing) secara ketat, mendesain ulang area produksi menjadi sistem unit kecil berkapasitas maksimal 40 karyawan sehingga mempermudah pelacakan ketika diperlukan, serta mewajibkan karyawan mengganti masker setiap 4 jam sekali.

"Tak hanya itu, Sampoerna juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut fasilitas produksi," terang dia.

Sampoerna juga menyediakan vitamin/susu/makanan sehat, serta memberikan hand sanitizer dan masker yang dapat digunakan di luar pabrik, sehingga mereka dapat tetap menerapkan pola hidup sehat di luar pabrik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X