Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi Segera Beroperasi

Kompas.com - 29/09/2020, 08:16 WIB
Tol Manado-Bitung Jasa MargaTol Manado-Bitung

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mengoperasikan Jalan Tol Manado-Bitung untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer.

"Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing investasi di provinsi yang dikenal dengan julukan Bumi Nyiur Melambai ini," kata Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung dilansir dari Antara, Selasa (29/9/2020).

Total panjang Tol Manado-Bitung adalah 39 kilometer dan dibangun dengan konsep Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), jalan ini akan dioperasionalkan secara bertahap.

Tol terpanjang di Sulawesi ini terdiri dari dua seksi, seksi I Manado-Airmadidi sepanjang (14 kilometer) yang dibangun pemerintah dan seksi II Airmadidi-Bitung (25 kilometer) yang dibangun PT JMB.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Tol Pekanbaru-Dumai Masih Gratis

"Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer yang merupakan keseluruhan seksi I serta sebagian dari seksi II yaitu seksi 2A Airmadidi-Danowudu,” kata dia.

Sementara itu, untuk ruas Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 kilometer ditargetkan selesai konstruksi pada April tahun 2021, hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.

“Nantinya jika terhubung secara penuh, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," jelas dia.

"Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang. Diharapkan hal ini akan memacu daya saing investasi Provinsi Sulawesi Utara,” kata George lagi.

Baca juga: Menhub: Kami Ingin Tol Laut Menjadi Asa bagi Masyarakat Indonesia Timur...

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

“Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. Kami juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya," kata George.

Halaman:


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X