Terpukul Pandemi, Harga Ikan Kerapu di Kepri Anjlok Rp 50.000 Per Kg

Kompas.com - 06/10/2020, 15:15 WIB
Ikan kerapu ShutterstockIkan kerapu

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah Covid-19 memukul hampir seluruh sektor usaha lantaran minimnya pemasukan. Tak terkecuali, sektor perikanan yang menjadi salah satu komoditas prioritas dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah mengatakan semenjak adanya Covid-19 membuat para usaha perikanan budidaya ikan laut di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) gelagapan lantaran turunnya harga yang sangat signifikan.

"Ikan Kerapu, sebelum ada Covid-19 harganya Rp 120.000 per kilogram tapi setelah Covid-19 menjadi Rp 50.000 hingga Rp 70.000 perkilogramnya," ujarnya dalam diskusi webinar, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Menilik Potensi Cuan Bisnis Ikan Cupang di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut dia, sebelum adanya pandemi, ikan masih bisa diekspor ke Singapura, Malaysia dan Hongkong. Tapi karena adanya pandemi membuat pemasarannya hanya terserap pada pasar lokal saja. Hal ini membuat distribusi ikan menjadi tidak optimal.

Belum lagi, tidak sedikit para nelayan ikan tidak tahu harus menjual ke mana hasil penangkapannya.

"Ini karena rendahnya permintaan dari penampung lokal akibat dari berbagai sektor pariwisata di Bintan dan Batam tidak berjalan," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arif mengungkapkan sebelum ada pandemi, restoran lokal dan hotel di Batam, Bintan, hingga Tanjungpinang menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun karena adanya Covid-19 membuat beberapa tempat tersebut menjadi kosong.

Padahal lokal restoran ataupun hotel tersebut adalah tempat para nelayan yang biasanya menjual hasil pancingannya.

"Banyak para nelayan yang menangkap ikan termasuk ikan Kerapu, mereka tidak tahu mau jual ke mana. Ekspor berhenti, restoran lokal juga kosong karena pembatasan," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.