Kompas.com - 19/10/2020, 06:36 WIB
ilustrasi investasi FREEPIK/JCOMPilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga masa depan kita. Berinvestasi lebih dini tentu akan lebih baik. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi mengatakan, investasi sejak dini bisa membentuk kebiasaan agar bisa menyusun manajemen keuangan yang baik untuk masa depan.

"Jadi ketika sudah memiliki kebiasaan untuk memanajemen uang, maka kebiasaan untuk boros akan bisa terhindar dan masa depan akan jauh lebih baik juga. Misalnya habis gajian, lewat 1 minggu, loh uangnya kemana yah, kok sudah habis. Itu yang harus kita hindari," ujarnya dalam virtual media briefing Tokopedia, pertengahan pekan lalu.

Baca juga: Agar Bisa Investasi, Alokasikan Gaji ke 3 Hal Ini

Menurut dia, dengan berinvestasi sejak dini sekaligus menyiapkan dana darurat. Sebab, ke depannya tidak ada yang bisa menebak hal apa yang bakal terjadi. Misalnya kasus pandemi Covid-19 yang saat ini sedang mewabah.

Selama pandemi ini kata dia, banyak sekali yang merasa kesulitan dalam keuangannya karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Masyarakat seolah tersadarkan bahwa keuangannya tidak sehat dan alhasil banyak yang menyesal karena tidak melakukan investasi dari jauh-jauh hari.

"Tiba-tiba di 2020 ada pandemi di mana akhirnya orang banyak yang berpikir 'coba kemarin gue begini'. Sehingga ketika kita sudah mulai terbiasa, kita building suatu portfolio, di mana kita punya dana darurat, jadi di dana itu bisa kita akses ketika ada kondisi darurat," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie mengatakan, investasi sejak dini tidak ada ruginya.

"Yang namanya investasi enggak pernah ada ruginya. Kalau enggak mungkin dipakai untuk sekarang, bisa dipakai untuk hal lain. Akhirnya bisa terkumpul aset-aset untuk masa depan kan," jelas dia.

Baca juga: Ini Langkah Investasi Mudah untuk Persiapkan Warisan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.