Akan Jadi "Penyelamat" Jiwasraya, Ini Model Bisnis IFG Life

Kompas.com - 20/10/2020, 14:51 WIB
IFG, holding BUMN asuransi handoutIFG, holding BUMN asuransi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG) selaku induk holding BUMN asuransi dan penjaminan akan segera mendirikan IFG Life, sebagai perusahaan yang ditugaskan untuk menyelamatkan nasabah-nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Siltongan menjelaskan, salah satu model bisnis yang akan dilakukan oleh IFG Life adalah mengelola portofolio Jiwasraya yang telah direstrukturisasi.

Ia menegaskan, IFG Life hanya akan menerima liabilitas dari polis Jiwasraya yang telah disesuaikan.

“Jadi kami hanya mengambil portofolio yang memang sudah melalui restrukturisasi sehingga sudah menjadi protofolio yang sehat,” kata Pantro dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Lawan Dominasi Asuransi Asing, Holding BUMN Asuransi Resmi Dibentuk

Selain itu, Pantro memastikan, natinya IFG Life tidak akan mengelola produk Jiwasraya dengan imbal hasil yang pasti atau guaranteed return.

“Yang saat ini ada di Jiwasraya tidak ada lagi di IFG Life,” kata dia.

Dengan demikian, Pantro meyakini, ke depannya perusahaan yang rencananya akan beroperasi tahun ini itu dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dan terpercaya.

“Dan pemegang polis merasa aman, bahwa sesudah menjadi bagian dari IFG Life, semua kewajiban akan bisa dipenuhi,” ucapnya.

Sebagai informasi, IFG akan memperoleh bail-in dana Rp 22 triliun untuk membentuk IFG Life, yang akan turun dalam dua tahun, yakni Rp 10 triliun pada 2021 dan Rp 12 trilun pada 2022.

Pembentukan perusahaan itu masih menunggu terbitnya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Gelombang 9 Belum Beli Pelatihan, Kepesertaan Bisa Dicabut



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X