Bandara Soekarno-Hatta Catat Rekor Jumlah Penumpang Tertinggi Selama Pandemi

Kompas.com - 29/10/2020, 15:23 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II mencatat jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 61.000 orang di hari pertama libur long weekend atau pada Rabu (28/10/2020) kemarin.

Jumlah tersebut mencatat rekor penumpang tertinggi selama masa pandemi Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, puncak arus keberangkatan penumpang terjadi pada 27 hingga 28 Oktober 2020 kemarin.

“Di tengah pandemi ini biasanya rata-rata penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 40.000 – 45.000 orang per hari, dan pada hari ini 28 Oktober 2020 kami perkirakan mencapai sekitar 61.000 orang. Ini juga sesuai dengan laporan yang kami terima dari maskapai, bahwa jumlah penumpang hari ini mencapai angka sekitar 61.000 orang,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10/2020).

Adapun untuk puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan terjadi pada 30 Oktober dan 1 November 2020.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Servis PT AP II Muhamad Wasid menambahkan, ramainya lalu lintas penerbangan juga terjadi di bandara-bandara lain yang dikelola perseroannya.

“PT Angkasa Pura II bersama stakeholder tetap siaga meningkatkan fokus dalam melayani traveler dan menjaga agar protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Kami selalu berupaya agar perjalanan masyarakat tetap lancar di 19 bandara,” kata dia.

Dalam menjaga protokol kesehatan Covid-19, pihak Bandara Soekarno-Hatta juga telah menyiapkan personel di beberapa titik.

Physical distancing harus dijaga. Personel fokus mengantisipasi di sejumlah titik seperti area check-in, security check point, boarding lounge. Prosed disinfeksi di seluruh terminal dilakukan berkala, serta pengawasan di ruang CCTV juga dilakukan 24 jam,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dikesempatan yang sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X