Tiket.com Catatkan Transaksi Refund dan Reschedule Menurun Hingga 78 Persen

Kompas.com - 02/11/2020, 20:30 WIB
Interior bagasi kabin pesawat Citilink dengan logo tiket.com di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/7/2018).  KOMPAS.com/I MADE ASDHIANAInterior bagasi kabin pesawat Citilink dengan logo tiket.com di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lebih dari 6 bulan mewabahnya Covid-19, masyarakat mulai berani untuk melakukan perjalanan wisata maupun tau melakukan staycation di hotel.

Kondisi ini pula yang membuat permintaan refund dan reschedule Tiket.com mengalami penurunan sebesar 78 persen pada kuartal III/2020 dari kuartal II/2020.

"Ini menandakan bahwa saat ini masyarakat sudah bisa berdaptasi dengan kenormalan baru yang disiapkan oleh para industri wisata atau perhotelan. Banyak masyarakat yang saat ini sudah tidak takut lagi untuk melakukan perjalanannya ataupun berlibur, meski pandemi masih ada," ujarnya saat media briefing Tiket.com, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Stimulus Tiket hingga Percepatan Proyek Strategis Jadi Jurus Kemenhub Pulihkan Ekonomi

Berwisata ke luar kota pun saat ini juga sudah menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur.

Itu terlihat dari penjualan tiket penerbangan yang mengalami peningkatan di kuartal III/2020 sebesar 3 kali lipat atau sebesar 240 persen dibandingkan pada kuartal II/2020.

Pemulihan pariwisata ini pun semakin bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan.

"Kami sangat optimistis menyambut kuartal 4 karena pemulihan sektor industri pariwisata nasional terjadi," jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X