Jual Cicin Buat Modal, Caca Kini Raup Omzet hingg Rp 50 Juta dari Bisnis Anyaman Purun

Kompas.com - 27/11/2020, 10:39 WIB
Caca dan hasil produksinya Instagram @kerajinan_purunikCaca dan hasil produksinya

KOMPAS.com –  Mujilah Rahmah sempat merasa iri dengan teman-teman sebayanya di kala kuliah. Karena saat teman-temannya tidak memusingkan biaya kuliah, dia harus membanting tulang untuk membiayai uang kuliah.

Pada waktu senggang ia dan kakaknya Sri Munalisa (24) mulai merintis usaha anyaman purun.

Hal itu pun menjadi pijakan gadis berusia 23 tahun ini untuk masuk ke dunia usaha. Caca, demikian dia biasa disapa, kini menjadi pengusaha anyaman purun dengan omzet yang lumayan.

“Waktu itu saya iri dengan dengan kehidupan teman-teman saya yang biaya kuliahnya 100 persen dibayarin orang tua mereka, sedangkan saya harus bayar sendiri karena saya sudah bekerja, jujur saya ingin uang hasil kerja saya itu di tabung. Tapi ya sudahlah, memang jalan hidup saya seperti ini,” cerita Caca kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Kisah Ibu Rumah Tangga Jualan Alpukat, Raih Omzet hingga Ratusan Juta Rupiah

Menganyam purun (sejenis rumput) merupakan keahlian yang diperoleh secara turun temurun dari kedua orang tuanya sejak usia 15 tahun.

Pada 2017, Caca mulai percaya diri untuk memulai penjualan anyaman purun secara online. Di situlah awal mula Kerajinan_Purunik mulai dikenal.

“Orang tua memang perajin anyaman purun, kami bisa sekitar umur 15 tahunan. Kalau belajar secara khusus tidak ada, tapi kami sering membantu orang tua menganyam jadi bisa karena biasa,” ujar gadis kelahiran 1997 ini.

Namun demikian, merintis usaha tentunya tidaklah semudah membalikkan tangan. Jatuh bangun dalam sebuah bisnis adalah hal yang biasa. Demikian juga yang dialami oleh Caca.

Dengan modal Rp 1,5 juta yang diperoleh dari menjual cincin emas dan pinjaman, Caca memulai usaha Kerajinan_Purunik dengan menjual kerajinan tangan di tempat ia bekerja.

Respons teman sepekerjaan Caca juga cukup baik, hingga ia bisa menerima banyak orderan kerajinan purun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X