AP II Prediksi Puncak Arus Mudik di Bandara Mulai 23 Desember 2020

Kompas.com - 02/12/2020, 18:34 WIB
Tempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENATempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II memperkirakan puncak arus mudik ada pada 23 – 24 Desember 2020 dan 30 – 31 Januari 2020. Selanjutnya, puncak arus balik diprediksi pada 3 Januari 2021.

“Kesiapan personel ditingkatkan, infrastruktur di sisi udara dan terminal penumpang dipastikan siap digunakan, dan seluruh prosedur akan dijalankan pada Angkutan Nataru ini,  termasuk saat puncak arus mudik dan arus balik,” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

Awaluddin menuturkan, untuk mendukung kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, pihaknya siap memberikan kepastian adanya slot time penerbangan bagi maskapai, alokasi penerbangan tambahan dan perpanjangan jam operasional bandara- bandara apabila dibutuhkan.

Baca juga: Menparekraf: Pelaku Pariwisata Sangat Berharap dengan Libur Akhir Tahun

Dia menambahkan, Posko Nataru akan diaktifkan di seluruh bandara sebagai wadah 3C di antara stakeholder, yakni Coordination, Communication dan Collaboration.

“Pada tahun-tahun sebelumnya Posko Nataru hanya digunakan untuk memantau tren lalu lintas penerbangan, dan pada tahun ini dengan adanya pandemi Covid-19, tugas Posko bertambah yakni memonitor operasional bandara dan pelayanan,” kata dia.

Salah satu bentuk monitoring aspek operasional di bandara, misalnya memastikan penerapan physical distancing, kelancaran validasi dokumen rapid test/PCR test, dan check in area. Sementara salah satu monitoring aspek pelayanan antara lain memastikan ketersediaan hand sanitizer, pelaksanaan disinfeksi, kebersihan di setiap area. 

“Tren lalu lintas penerbangan juga tetap dipantau secara real time setiap hari pada periode monitoring dan kesiapsiagaan, sebagai salah satu upaya kami dalam mengantisipasi dan menjaga operasional bandara tetap berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang baik,” ungkapnya.

Baca juga: Mau Pimpin Pasar Operator Penerbangan di ASEAN, Ini Strategi AP II



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X