Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Prediksi Puncak Arus Mudik di Bandara Mulai 23 Desember 2020

Kompas.com - 02/12/2020, 18:34 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II memperkirakan puncak arus mudik ada pada 23 – 24 Desember 2020 dan 30 – 31 Januari 2020. Selanjutnya, puncak arus balik diprediksi pada 3 Januari 2021.

“Kesiapan personel ditingkatkan, infrastruktur di sisi udara dan terminal penumpang dipastikan siap digunakan, dan seluruh prosedur akan dijalankan pada Angkutan Nataru ini,  termasuk saat puncak arus mudik dan arus balik,” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

Awaluddin menuturkan, untuk mendukung kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, pihaknya siap memberikan kepastian adanya slot time penerbangan bagi maskapai, alokasi penerbangan tambahan dan perpanjangan jam operasional bandara-bandara apabila dibutuhkan.

Baca juga: Menparekraf: Pelaku Pariwisata Sangat Berharap dengan Libur Akhir Tahun

Dia menambahkan, Posko Nataru akan diaktifkan di seluruh bandara sebagai wadah 3C di antara stakeholder, yakni Coordination, Communication dan Collaboration.

“Pada tahun-tahun sebelumnya Posko Nataru hanya digunakan untuk memantau tren lalu lintas penerbangan, dan pada tahun ini dengan adanya pandemi Covid-19, tugas Posko bertambah yakni memonitor operasional bandara dan pelayanan,” kata dia.

Salah satu bentuk monitoring aspek operasional di bandara, misalnya memastikan penerapan physical distancing, kelancaran validasi dokumen rapid test/PCR test, dan check in area. Sementara salah satu monitoring aspek pelayanan antara lain memastikan ketersediaan hand sanitizer, pelaksanaan disinfeksi, kebersihan di setiap area. 

“Tren lalu lintas penerbangan juga tetap dipantau secara real time setiap hari pada periode monitoring dan kesiapsiagaan, sebagai salah satu upaya kami dalam mengantisipasi dan menjaga operasional bandara tetap berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang baik,” ungkapnya.

Baca juga: Mau Pimpin Pasar Operator Penerbangan di ASEAN, Ini Strategi AP II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com