Menparekraf: Pelaku Pariwisata Sangat Berharap dengan Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 27/11/2020, 15:19 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio saat menyusun protokol pelaksanaan CHS melalui laptop, Jumat (29/5/2020). Dok. Humas Kemenparekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio saat menyusun protokol pelaksanaan CHS melalui laptop, Jumat (29/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan, para pelaku pariwisata berharap agar waktu libur akhir tahun 2020 bisa segera diputuskan.

Sebab kata dia, libur akhir tahun menjadi harapan pelaku pariwisata untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata yang menurun drastis semenjak adanya pandemi virus corona (Covid-19).

"Tetapi memang para pelaku pariwisata di sini sangat betul-betul berharap dengan liburan akhir tahun," ujar saat mengikuti Rakornas Percepatan 5 Destinasi Super Pariwisata secara virtual, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Kuartal III-2020, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Merosot 25,1 Persen

Wishnutama menyebutkan, tingkat pemesanan hotel untuk bulan Desember 2020 sudah mencapai 80 persen di beberapa wilayah di Bali.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember dikurangi. Hal itu bertujuan agar masyarakat tak berbondong-bondong pergi berlibur sehingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19.

Instruksi Jokowi itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya teknis pengurangan jatah libur dan cuti tersebut dibahas oleh Muhadjir bersama para menteri dan kepala lembaga negara terkait dalam sebuah rapat koordinasi.

Baca juga: Soal Objek Wisata, Luhut: Kita Kurang Jual Indonesia



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.