Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Positif Covid-19, Menaker Tetap Hadir di Kompasianival 2020

Kompas.com - 05/12/2020, 02:18 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA--Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah yang tengah menjalani isolasi mandiri tetap menjalankan agendanya, salah satunya hadir di Kompasianival 2020 melalui daring, Jumat (4/12/2020).

"Alhamdulillah, saya memang hasil tes PCR saya dinyatakan positif. Tapi secara fisik saya cukup baik sehingga sore hari ini saya bisa menyapa teman-teman semua," katanya.

Dalam kesempatan itu Ida menyampaikan dampak pandemi Covid-19 telah cepat mengubah transformasi ketenagakerjaan yang terus bergerak di masa revolusi industri 4.0.

Menurut Ida, kondisi ini membuat profil dan kemampuan tenaga kerja yang dibutuhkan di masa depan juga akan berubah.

"World Economic Forum sudah memprediksikan kemampuan yang dibutuhkan ke depan adalah kemampuan pemikiran kritis, kreativitas, penggunaan desain teknologi, kemampuan menyelesaikan masalah fleksibilitas, kemampuan menghadapi stres, serta kepemimpinan dan pengaruh sosial," ujarnya.

Sementara itu, masih dikatakan Ida, nantinya akan ada kemampuan yang semakin kurang dibutuhkan di masa depan, seperti kemampuan manual dan tradisional.

"Jadi jelas, dunia usaha di Indonesia juga sedang proses transformasi yang sama dengan yang terjadi di seluruh dunia. Karena itu kompetensi dan fleksibilitas kerja menjadi poin utama," ujarnya.

Adapun Kompasianival sendiri merupakan kopi darat bagi para kreator konten dan komunitas.

Tahun ini, Kompasianival mengangkat teman "Mulai dari Kita!" yang diselenggarakan 3 hingga 5 Desember 2020 secara virtual. (IBN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com