Meski Positif Covid-19, Menaker Tetap Hadir di Kompasianival 2020

Kompas.com - 05/12/2020, 02:18 WIB
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah ketika mengisi acara Kompasianival 2020 secara virtual pada Jumat (4/12/2020) kompasianaMenteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah ketika mengisi acara Kompasianival 2020 secara virtual pada Jumat (4/12/2020)

KOMPASIANA--Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah yang tengah menjalani isolasi mandiri tetap menjalankan agendanya, salah satunya hadir di Kompasianival 2020 melalui daring, Jumat (4/12/2020).

"Alhamdulillah, saya memang hasil tes PCR saya dinyatakan positif. Tapi secara fisik saya cukup baik sehingga sore hari ini saya bisa menyapa teman-teman semua," katanya.

Dalam kesempatan itu Ida menyampaikan dampak pandemi Covid-19 telah cepat mengubah transformasi ketenagakerjaan yang terus bergerak di masa revolusi industri 4.0.

Menurut Ida, kondisi ini membuat profil dan kemampuan tenaga kerja yang dibutuhkan di masa depan juga akan berubah.

"World Economic Forum sudah memprediksikan kemampuan yang dibutuhkan ke depan adalah kemampuan pemikiran kritis, kreativitas, penggunaan desain teknologi, kemampuan menyelesaikan masalah fleksibilitas, kemampuan menghadapi stres, serta kepemimpinan dan pengaruh sosial," ujarnya.

Sementara itu, masih dikatakan Ida, nantinya akan ada kemampuan yang semakin kurang dibutuhkan di masa depan, seperti kemampuan manual dan tradisional.

"Jadi jelas, dunia usaha di Indonesia juga sedang proses transformasi yang sama dengan yang terjadi di seluruh dunia. Karena itu kompetensi dan fleksibilitas kerja menjadi poin utama," ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun Kompasianival sendiri merupakan kopi darat bagi para kreator konten dan komunitas.

Tahun ini, Kompasianival mengangkat teman "Mulai dari Kita!" yang diselenggarakan 3 hingga 5 Desember 2020 secara virtual. (IBN)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X