Uang Rp 950 Triliun "Hilang" di Inggris, Kok Bisa?

Kompas.com - 06/12/2020, 08:15 WIB
Bangunan Bank of England, bank sentral Inggris yang berlokasi di London. SHUTTERSTOCKBangunan Bank of England, bank sentral Inggris yang berlokasi di London.

LONDON, KOMPAS.com - Uang tunai senilai 50 miliar poundsterling atau sekitar 67,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 950,34) triliun dikabarkan "hilang" di Inggris.

Dilansir dari CNN, Minggu (6/12/2020) Komite Parlemen Inggris Met Hillier pun meminta agar bank sentral, Bank of England menyelidiki "hilangnya" uang tersebut.

Ketua Komite Keuangan Parlemen Inggris Met Hillier menyatakan uang senilai Rp 950,34 trilliun ada di suatu tempat, namun bank sentral tidak mengetahui di mana, oleh siapa atau untuk apa uang itu digunakan.

Baca juga: Ini Cara Setor Uang Tunai di ATM BCA

"Mereka perlu untuk lebih peduli terhadap keberadaan di mana hilangnya uang tegrsebut," jelas dia dalam sebuah keterangan tertulis.

Namun demikian, bank sentral segera merespon hal itu.

"Anggota parlemen tidak perlu menjelaskan kepada bank mengapa mereka (masyarakat) ingin memegang uang kertas. Artinya, uang kertas tidak hilang," ungkap Juru Bicara Bank of England.

Timbun Uang Kertas

Di tengah peningkatan penggunaan traksaksi digital, permintaan uang tunai masih meningkat di banyak negara maju sejak krisis keuangan global.

Hasil survei oleh Bank of International Settlement pada tahun 2018 lalu menunjukkan, hal itu didorong oleh suku bunga yang rendah, yang membuat imbal hasil menabung di bank cenderung lebih kecil.

Baca juga: Lockdown Lagi, Inggris Bakal Kembali Resesi?

"Kami melihat adanya peningkatan oenggunaan uang tunai sebagai pengembali nilai uang, hal ini berkebalikan dengan fungsi transaksinya," ujar salah satu pimpinan Bank of England Sarah John dalam sebuah kesaksian di depan Komite Keuangan Publik pada Oktober lalu.

Kekhawatiran mengenai kekuatan lembaga keuangan juga sejak tahun 2008 lalu juga menjadi salah satu penyebab hal itu terjadi.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X