Mantan Istri Bos Amazon Sumbang Rp 58 Triliun ke 384 Organisasi

Kompas.com - 16/12/2020, 18:21 WIB
Jeff Bezos bersama mantan istrinya, MacKenzie. Orang terkaya di dunia itu mengenakan sepatu Converse Jack Purcell Low-Top Business InsiderJeff Bezos bersama mantan istrinya, MacKenzie. Orang terkaya di dunia itu mengenakan sepatu Converse Jack Purcell Low-Top

NEW YORK, KOMPAS.com - McKenzie Scott, mantan istri bos Amazon Jeff Bezos mengumumkan sumbangan terbesarnya tahun ini kepada 384 organisasi.

Dilansir dari CNN, Rabu (16/12/2020) nilai sumbangan yang didonasikan oleh Scott mencapai 4,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 58 triliun). Sumbangan tersebut merupakan bagian dari rencananya untuk mendonasikan sebagian besar dari harta kekayaan yang dia miliki.

Pengumuman itu keluar tak lama usai Scott mendonasikan 1,7 miliar dollar AS kepada 116 organisasi pada Juli lalu.

Baca juga: Lagi, Bill Gates Donasi Rp 980 Miliar untuk Vaksin Covid-19

"Pandemi telah merusak hidup banyak warga negara yang selama ini telah kesusahan," ujar Scott dalam unggahannya di Medium.

"Kerugian yang dialami, baik dari sisi kesehatan dan Ekonomi lebih berat dialami oleh perempuan, orang kulit berwarna, dan mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sementara, (pandemi) telah meningkatkan kekayaan dari para miliarder," jelas dia.

Unggahan Scott tersebut termasuk di dalamnya ratusan organsiasi yang telah menerima dana donasinya, termasuk penyedia jasa keuangan untuk komunitas yang mengalami kesulitan akses, yayasan pendidikan untuk masyarakat marjinal dan kekurangan, serta kelompok advokasi hak sipil serta dana pembelaan hukum yang menangani diskriminasi kelembagaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Scott pun menekankan, timnya telah melakukan pemeriksaan terhadap 6.490 organisasi untuk memutuskan kelompok yang akan menerima donasi. Pihaknya berencana akan mempercepat proses distribusi donasinya tahun ini.

"Proses tersebut mengombinasi data dengan masukan dan perspektif dari mereka yang memiliki keahlian, pemberi donor, serta pimpinan-pimpinan lembaga non profit, juga para sukarelawan yang telah memiliki pengalaman bertahun lamanya," ujar dia.

Baca juga: Penjualan Meningkat, Amazon Bagi-bagi Bonus ke Pegawai

Pada putaran terakhir sumbangan, Scott mendonasikan 40 juta dollar AS kepada Morgan State University. Hibah tersebut adalah sumbangan pribadi terbesar dalam sejarah universitas.

Selain itu, Scott jugua memberikan donasi sebesar 50 juta dollar AS kepada Prairie View A&M University di Texas. Nilai tersebut merupakan yang terbesar yang pernah diterima oleh universitas tersebut.

Untuk diketahui, Scott merupakan orang terkaya nomor 18 di dunia berdasarkan Bloomberg Billionaires Index. Total nilai kekayaannya mencapai 60,7 miliar dollar AS dan bersumber dari peningkatan harga saham Amazon yang meroket selama pandemi.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.