Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Meningkat, Amazon Bagi-bagi Bonus ke Pegawai

Kompas.com - 27/11/2020, 15:33 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Amazon membagikan bonus kepada pegawai lantaran penjualan perusahaan meningkat selama pandemi. Bonus akan diberikan kepada para pegawai yang tetap bekerja selama libur Natal sepanjang 1 hingga 31 Desember mendatang.

Dilansir dari BBC, Jumat (27/11/2020) total nilai bonus yang diberikan kepada pegawai di Amerika Serikat dan inggris bakal mencapai 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,05 triliun.

"Seiring dengan memasuki puncak liburan, kami ingin memberikan apresiasi melalui bonus spesial, dengan total 500 juta dollar AS untuk pekerja lini terdepan kami," kata Senior Vice President Amazon Worldwide Operations Dave Clark.

Bagi pekerja penuh, besaran bonus yang diberikan sebesar 300 dollar AS atau 300 poundsterling, sementara untuk pekerja paruh waktu nilai bonus yang diberikan sebesar 150 dollar AS atau 150 poundsterling.

"Saya berterimakasih kepada tim kami yang memainkan peran penting di masyarakat," ujar Clark.

Baca juga: Tarik Wisatawan ke RI, Luhut: Jangan Jual Ide Kekerasan yang Buat Negeri Kita Ditakuti

Selama ini, Amazon mengalami kritik keras terkait dengan praktik bekerja terutama untuk pegawai mereka di pergudangan yang harus bekerja di tengah pandemi.

Aktivis buruh di Amerika Serikat misalnya, belakangan menyoroti peritel besar seperti Amazon dan Walmart agar memberikan perlindungan lebih kepada pekerjanya. Sebab, kasus Covid-19 di Amerika Serikat terus meningkat di tengah musim belanja sepanjang masa liburan.

Mereka menyerukan agar para pekerja mendapat Mereka menyerukan upah tambahan, cuti sakit yang dibayar, serta sosialissasi yang lebih baik tentang wabah.

Pekerja Amazon pun telah menyuarakan keprihatinan tentang kesehatan dan kondisi kerja mereka di Eropa serta di AS, mengklaim hampir tidak mungkin untuk mempraktikkan pembatasan sosial selama bekerja.

Baca juga: Dapat Anggaran Rp 7 Triliun, Ini 4 Fokus Kementerian ESDM Tahun Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com