Riset: Daya Beli Masyarakat Masih Kuat di Masa Pandemi Covid-19

Kompas.com - 16/12/2020, 18:49 WIB
Ilustrasi pandemi covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah pola hidup masyarakat. Misalnya dalam mengelola keuangan, dimana masyarkaat lebih memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil riset dari BAYK bersama Populix terkait perilaku konsumen selama pandemi.

“Dengan memahami benang merah perilaku konsumen, kita bisa memprediksi ke arah mana arus utama tren perilaku masyarakat ke depannya,” ujar General Manager BAYK Strategic Sustainability Arya Gumilar dalam webinar, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Pandemi Membuat Omzet Industri Kuliner Merosot

Arya menambahkan, riset menggunakan survei kuantitatif dengan 300 responden yang tersebar di lima kota besar Indonesia sebagai data primer. Sementara data sekunder didapat dari observasi, wawancara lapangan, dan desktop research.

Dari survei yang dilakukan, responden umumnya mengakui bahwa Covid-19 banyak mengubah pola hidup. Dalam urusan mengelola keuangan misalnya, 87 persen responden mengaku memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari selama pandemi ini.

Lebih dari 90 persen responden juga mengaku menjadi lebih sering memasak ketimbang masa sebelum pembatasan sosial diberlakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun fakta di lapangan juga menunjukkan, sejumlah produk yang sebetulnya masuk pada kategori tersier, justru meningkat selama pandemi. Stok sepeda di setiap kota habis.

Bahkan sepeda impor merek tertentu dari luar negeri dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah per unit, juga ludes di masa pandemi ini.

Sementara itu, Executive Vice President of Operational Blibli.com Lisa Widodo menambahkan, perubahan pola konsumen dari fase awal pandemi hingga kini, berdasarkaan data di Blibli.com.

Ada perubahan preferensi yang menarik, bagaimana konsumen yang awalnya gandrung pada produk ‘serba sehat’ kemudian bergerak ke kebutuhan kompensasi agar tetap ‘waras dan eksis’.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.