Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Pulih 100 Persen, China Targetkan Ekonomi Tumbuh 8 Persen di 2021

Kompas.com - 19/12/2020, 10:33 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber nikkei

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China menargetkan pertumbuhan ekonomi sekitar 8 persen pada 2021.

Target tersebut diyakini tercapai karena China sudah mendekati pemulihan penuh usai dihantam pandemi Covid-19 sejak akhir tahun lalu hingga awal tahun ini.

Mengutip Nikkei Asia, Sabtu (19/12/2020), Produk Domestik Bruto (PDB) China hanya tumbuh sekitar 2 persen untuk keseluruhan tahun 2020.

Baca juga: China Akan Impor Vaksin Covid-19 Buatan BioNTech

Kendati kecil, pemerintah sudah memproyeksi ekonomi negara Tirai Bambu itu akan bangkit dengan kekuatan penuh pada tahun depan. Pasalnya kinerja ekspor sudah kuat dan investasi dari sektor swasta sudah pulih.

"Ekspor diperkirakan akan tetap kuat pada 2021, sehingga kami dapat mencapai pertumbuhan sekitar 8 persen bahkan dengan belanja pemerintah yang lebih sedikit," kata sumber pemerintah mengutip Nikkei Asia, Sabtu (19/12/2020).

Akademi Ilmu Sosial China memprediksi, PDB bisa melonjak sekitar 19 persen pada kuartal I 2021 dibanding kuartal I 2020 ini.

Adapun target pertumbuhan ekonomi sekitar 8 persen kemungkinan disetujui pada Konferensi Kerja Ekonomi Pusat, sebuah pertemuan perencanaan ekonomi tahunan China yang berakhir pada Jumat ini.

Baca juga: China Masih Dominasi Impor RI, Salah Satunya Komoditas Bawang Putih

Sementara itu China di bawah pemerintah Xi Jinping, akan bekerja lebih ekstra untuk menjaga ekonomi tetap stabil dan menjaga tingkat utang luar negeri terkendali secara hati-hati.

Begitupun mencari langkah-langkah fiskal dan moneter untuk membantu ekonomi China mengatasi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nikkei
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com