Deretan 5 Orang Terkaya Indonesia Berkat Batu Bara

Kompas.com - 22/12/2020, 11:03 WIB
Salah satu lubang bekas tambang batu bara yang ada di Kalimantan Timur. Dok. Jatam Kaltim Salah satu lubang bekas tambang batu bara yang ada di Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertambangan batu bara merupakan ladang penghasilan uang bagi orang-orang terkaya di Indonesia. Bahkan menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebut, orang-orang terkaya di Indonesia banyak yang berasal dari sektor pertambangan.

Bisnis tambang batu bara sendiri sempat booming di era pertengahan 2000 saat harganya di pasar dunia melambung tinggi. Indonesia saat ini tercatat menjadi negara pengekspor batu bara terbesar dunia setelah Australia.

Batu bara atau yang biasa disebut emas hitam memang bisa menjadi sumber kekayaan seseorang. Dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia, sebagian di antaranya merupakan pengusaha tambang batu bara.

Berikut daftar 5 orang terkaya Indonesia berkat batu bara:

Baca juga: Sosok 3 Penjual Obat Paling Tajir di Indonesia

1. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir. Darah bisnis sudah mengalir dalam diri Garibaldi dari ayahnya Muhammad Teddy Thohir, salah satu pendiri Astra. Saat ini usianya 55 tahun.

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini masuk sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-15 versi Majalah Forbes. Total kekayaannya tercatat sebesar 1,65 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,5 triliun (kurs Rp 14.200).

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya berasal dari kepemilikan sahamnya di PT Adaro Energy. Kiprah bisnisnya tak hanya berkutat di batubara. Adaro saat ini adalah perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.

Boy juga tercatat sebagai pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, hingga jaringan restoran Hanamasa.

Baca juga: Sosok 2 Konglomerat Terkaya Indonesia dari Jualan Rokok

Dia Jakarta, bisnis Boy juga terbilang besar. Lewat Grup Wahana Artha, perusahaannya menjadi pemegang main dealer yang mendistribusikan motor merk Honda. Boy Thohir sendiri dikenal sebagai kawan dekat politikus Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X