Gurita Bisnis Saratoga, Perusahaan Milik Menparekraf Sandiaga Uno

Kompas.com - 27/12/2020, 11:12 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020). Dok. KemenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat serah terima jabatan di Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sebelum terjun ke dunia politik, Sandiaga mengawali kariernya sebagai pengusaha.

Sandiaga Uno lahir di Pekanbaru, Riau, pada 28 Juni 1969. Pria berdarah Gorontalo ini menamatkan studi di Wichita State University pada 1990 dan George Washington University pada 1992.

Bisnis Sandiaga Uno sangat lekat dengan kelompok bisnis Saratoga atau PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG). Perusahaan ini terkenal dengan portfolio investasinya di sejumlah perusahaan besar Tanah Air.

Saratoga didirikan oleh Sandiaga bersama dengan rekannya Edwin Soeryadjaya pada tahun 1998. Edwin Soeryadjaya atau Tjia Han Pun adalah putra dari pendiri Astra William Soeryadjaya. Bisnis Saratoga awal mulanya dirintis sebagai perusahaan konsultan keuangan. 

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Saya Tahu Banget Birokrasi

Saat ikut bertarung dalam Pilpres 2019 sebagai Cawapres mendampingi Prabowo Subianto, Sandiaga tercatat beberapa melepas sebagian kepemilikan sahamnya di Saratoga.

Dikutip dari laporan Annual Report Saratoga Investama 2019, Minggu (27/12/2020), Sandiaga Uno masih menjadi pemegang saham mayoritas kedua di SRTG dengan porsi kepemilikan 21,51 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjadi pemegang saham terbesar setelah Edwin Soeryadjaya yang menguasai 32,72 persen Saratoga lewat perusahaan afiliasinya PT Unitras Pertama.

Edwin Soeryadjaya saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Saratoga Investama. Sementara putranya, Michael William Soeryadjaya sebagai Presiden Direktur SRTG.

Baca juga: Jadi Menteri Jokowi, Sandiaga Uno Pikir-pikir Realisasikan OKE OCE

Sebagai pemegang saham mayoritas kedua, Sandiaga Uno ikut menempatkan kerabatnya, Indra Cahya Uno, sebagai komisaris di Saratoga.

Sisa saham Saratoga dimiliki publik lewat Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kepemilikan saham sebesar 13,92 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X