Harga Sapi Bakalan Disebut Bakal Melonjak, Mengapa?

Kompas.com - 05/01/2021, 05:05 WIB
Ilustrasi sapi KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi sapi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) menyatakan harga sapi bakalan melonjak. Kenaikan harga tersebut telah terjadi sejak bulan Agustus 2020 lalu.

Harga sapi bakalan asal Australia saat ini telah mencapai 3,7 dollar AS per kilogram (kg) dari sebelumnya 3 dollar AS per kg.

"Artinya landing cost sudah mencapai Rp 52.000 per kg berat hidup," ujar Direktur Eksekutif Gapuspindo Joni Liano seperti dilansir Kontan.co.id, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Harga Cabai hingga Daging Sapi Diprediksi Masih akan Naik hingga Awal Januari 2021

Kenaikan tersebut berpengaruh besar bagi biaya produksi pengusaha peternak sapi potong. Pasalnya harga sapi bakalan merupakan komponen terbesar dalam biaya produksi selain pakan dan kurs dollar.

Beberapa hal diakui oleh Joni menjadi faktor penyebab naiknya harga sapi bakalan. Peternak Australia melakukan repopulasi untuk memenuhi permintaan.

"Banyak permintaan dari Vietnam dan Cina, demand dalam negeri Australia meningkat," terang Joni.

Sebagai informasi saat ini harga daging sapi di Indonesia juga mengalami kenaikan.

Harga daging sapi berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) terpantau sebesar Rp 122.200 per kg. (Abdul Basith Bardan)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pengusaha sebut harga sapi bakalan alami kenaikan



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X