Pembatasan Jawa-Bali Diperketat, Konsumsi BBM Akan Kembali Merosot

Kompas.com - 06/01/2021, 17:54 WIB
 Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan kembali memperketat pembatasan sosial di kawasan Jawa dan Bali mulai 11-25 Januari mendatang.

Rencana ini dipastikan berdampak terhadap konsumsi energi.

Berbagai langkah pembatasan bakal diterapkan pemerintah untuk membatasi pergerakan masyarakat, di tengah peningkatan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Pertamina: Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa Naik 400 Persen Saat Libur Natal

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, mengatakan, seiring dengan menurunnya pergerakan masyarakat, maka dapat dipastikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) akan merosot.

“Yang akan paling berpengaruh saya kira konsumsi BBM yang akan mengalami penurunan kembali mengingat mobilitas akan mengalami penurunan kembali,” tutur Mamit kepada Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Dengan ditingkatkannya porsi karyawan yang bekerja dari rumah dan berbagai langkah pembatasan lainnya, permintaan BBM di kalangan masyarakat disebut bakal melemah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Mamit menambah, konsumsi listrik khususnya bagi golongan rumah tangga akan kembali meningkat.

“Karena aktivitas akan semakin banyak di rumah. Meskipun penggunaan untuk perkantoran maupun mall mengalami penuruan,” ucap dia.

Baca juga: Ini Jurus Pertamina Tekan Impor BBM dan Elpiji

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pengetatan pembatasan sosial dilakukan lantaran terjadi peningkatan penambahan kasus per minggu pada bulan Januari ini.

Pasalnya, pada Desember lalu penambahan kasus per minggu mencapai 48.434 kasus, sementara untuk Januari 2021 mencapai 51.986 kasus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.