Kompas.com - 08/01/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Covid-19, belanja online terus menjadi alternatif masyarakat untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan ada kenaikan transaksi antar-pulau.

"Kami melihat untuk transaksi antarpulau juga meningkat lebih dari 2 kali lipat jika dibandingkan dengan 2019," ujarnya mengutip siaran resminya, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Mulai Juli, Pengembangan Jasa Pembayaran Tak Perlu Minta Restu BI bila Berisiko Rendah

Selama 2020 yang lalu pun, dia mengatakan, Tokopedia bersama para mitra logistik konsisten mengirim paket ke berbagai wilayah.

Perjalanan ini bisa mencapai lebih dari 46 miliar kilometer. Bahkan saat ini, sekitar 2 dari 3 pesanan yang terjadi di Tokopedia bisa sampai ke pembeli di hari yang sama atau keesokan harinya.

Ada 3 produk yang paling laku di program Terbukti Nyam! adalah madu, kopi dan frozen food.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak penjual di Tokopedia yang bergerak membantu menyediakan produk kesehatan yang paling dibutuhkan masyarakat selama 2020. Total masker yang terjual mencapai lebih dari 5 kali total penduduk pulau Jawa. "Di sisi lain, jumlah hand sanitizer yang terjual mencapai 4 kali total penduduk Bali," ucapnya.

Jumlah penjual baru yang bergabung di Tokopedia selama 2020 juga bertambah. Jumlahnya, bisa mengisi penuh Stadion GBK sebanyak 36 kali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X