Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Haji akan Diinvestasikan ke Mana Saja?

Kompas.com - 13/01/2021, 17:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyiapkan sejumlah strategi untuk melakukan investasi dana kelolaan haji di tahun 2021.

Anggota Badan Pelaksana BPKH (BP BPKH) Beny Witjaksono mengatakan, investasi surat berharga masih menjadi investasi terbesar pada tahun ini. Pihaknya juga berminat berinvestasi di sukuk daerah karena itu BPKH mendorong agar daerah bisa menerbitkan sukuk daerah.

Beny menyebut, selama ini penerbit sukuk adalah pemerintah pusat. Dengan adanya sukuk daerah diyakini Pemerintah Daerah dapat juga memilih proyek straregis yang dinilai menjadi prioritas daerahnya.

Baca juga: Indonesia-China Tandatangani Kerja Sama soal Vaksin hingga OBOR

"Kita berharap, kita pacu agar daerah-daerah bisa menerbitkan juga," kata Beny dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/1/2021).

Beny mengatakan, untuk investasi luar negeri akan diprioritaskan pada sarana haji. Mulai dari pemondokan, catering dan transportasi. Ia menyebut, surat berharga adalah sebagai pengimbang dalam instrumen investasi karena tidak ada presentase pasti berapa persen investasi untuk surat berharga.

Investasi yang mempunyai presentase adalah investasi langsung sebesar 20 persen, investasi lainnya 10 persen, dan investasi emas 5 persen.

"Emas InsyaAllah kita akan masuk di tahun 2021 ini tentunya dengan berbagai pertimbangan karena harga emas makin turun akhir-akhir ini. Mengingat ekonomi diharapkan tumbuh. Kalau ekonomi tumbuh biasanya emas juga terpengaruh sehingga kita akan cenderung memegangnya (dalam jangka) panjang," jelas Beny.

Baca juga: Berapa Biaya Naik Haji di 2021?

Anggota Badan Pelaksana BPKH (BP BPKH) Iskandar Zulkarnain mengatakan, terdapat beberapa sektor yang akan dijajaki untuk investasi dana kelolaan haji tahun 2021.

Ia menyebut, sektor yang terkait dengan ekosistem perhajian masih menjadi sektor utama. Kemudian, pihaknya juga tengah menimbang peluang investasi di beberapa sektor yang potensial seperti pendidikan, kesehatan, dan terkait dengan sektor-sektor keuangan.

"Tentunya hal - hal tersebut sesuai kaidah maqashid syariah yang kita utamakan, sehingga investasi 2021 tentunya kita sesuaikan dengan kondisi yang ada," tutur Iskandar. (Vendy Yhulia Susanto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ini rencana investasi BPKH pada tahun 2021 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com