Menciptakan Kualitas Hidup dengan Model Karakteristik Pekerjaan

Kompas.com - 26/01/2021, 05:11 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/Vasyl DolmatovIlustrasi

Oleh: Laili Irawati, SPsi dan Dr Rostiana, MSi, Psi

BEKERJA dari rumah menjadi bagian kenormalan baru di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), perusahaan membagi karyawannya agar sebagian tetap bekerja dan bisnis dapat terus berjalan meskipun dilakukan dari rumah.

Kemajuan teknologi memungkinkan hal itu untuk dapat dilakukan, namun di saat yang sama juga membuat seseorang sulit untuk melepaskan diri dari pekerjaan.

Batasan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi seolah menghilang dengan tidak adanya perpindahan fisik dari kantor ke rumah. Akibatnya, kehidupan pribadi menjadi terganggu dengan pekerjaan.

Dampak dari batasan pekerjaan dengan kehidupan pribadi yang semakin menghilang, kualitas hidup pekerja akan terganggu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan pentingnya kualitas hidup dengan mendefinisikan sehat sebagai keadaan fisik, mental dan sosial. Tidak hanya kondisi tanpa penyakit atau kelemahan.

Baca juga: Kasus Fraud Meningkat Selama WFH, Cegah dengan 5 Hal ini

Kualitas hidup mencakup banyak aspek di antaranya fisik, psikologis, kemandirian, hubungan sosial, lingkungan dan keyakinan spiritual.

Pada aspek fisik, bisa terbebas dari rasa sakit, memiliki energi untuk beraktivitas, beristirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas berarti memiliki kualitas hidup yang baik. Adapun pada aspek psikologis, memiliki pemikiran yang positif.

Jika selalu terhubung dengan pekerjaan, kualitas hidup pekerja menjadi terpengaruh karena terganggunya waktu istirahat dan keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Untuk dapat tetap mempertahankan kualitas hidup yang baik, seseorang perlu memiliki modal yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X