Diakuisisi Anak Usaha Temasek, Saham Pemilik Hypermart Auto Reject Atas

Kompas.com - 29/01/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi saham. PEXELS/BURAK KIlustrasi saham.

JAKARTA, KOMPAS.com – Saham PT Matahari Putra Prima (MPPA) melesat 34,8 persen di level Rp 116 per saham pada penutupan perdagangan sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (29/1/2021) seperti dilansir dari RTI.

Kenaikan ini terjadi di tengah melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 1,6 persen (95,7 poin) di level 5.883,63 tengah hari ini.

Kenaikan MPPA, secara otomatis menempatkan saham MPPA pada level Auto Reject Atas (ARA), lantaran kenaikannya telah berada di atas 25 persen.

Baca juga: Sah, Google dan Temasek Kini Jadi Pemegang Saham Baru Tokopedia

Meskipun dalam 5 hari sebelumnya saham MPPA terjebak di zona merah, secara akumulatif sepekan harga saham MPPA telah naik 19,5 persen.

Dalam keterbukaan informasi di BEI, MPPA diketahui baru saja mengumumkan pemegang saham baru perseroan, yakni Anderson Investments Pte. Ltd yang tidak lain merupakan entitas usaha dari Temasek Holding atau BUMN milik Singapura.

Anderson mengakuisisi MPPA melalui anak usaha PT Multipolar Tbk (MLPL), Prime Star Invesment Pte, Ltd (PSI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, PSI menerbitkan Exchangeable Rights (ER) senilai Rp 300 juta pada Januari 2013.

Baca juga: Hypermart hingga Hyfresh Buka 23 Toko Online di Blibli

Dalam kesepakatan tersebut, Anderson berhak menukar 19 persen saham PSI yang ada di MPPA atau setara dengan 1,4 juta lembar saham.

Sementara itu saham MLPL juga menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 14 poin atau 24,5 persen pada level Rp 71 per lembar saham.

Tak berbeda dengan MPPA, MLPL juga mengalami penurunan selama 5 hari berturut-turut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.