Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DBS dan Flip.id Hadirkan Layanan Transaksi Keuangan Digital Bebas Biaya

Kompas.com - 01/02/2021, 16:54 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Digibank by DBS berkolaborasi dengan Flip.id menghadirkan layanan transaksi keuangan digital yang bebas biaya.

Managing Director Head of Digital Banking, PT Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto mengatakan, dengan adanya kerja sama ini masyarakat tidak perlu lagi memegang uang tunai saat melakukan transaksi yang dapat menjadi salah satu celah penyebaran Covid-19.

"Tidak hanya menggratiskan biaya transfer antar bank, dengan kapabilitas digital yang kami miliki, nasabah digibank by DBS dapat melakukan berbagai transaksi keuangan bahkan hingga berinvestasi hanya melalui satu aplikasi," ujarnya mengutip siaran persnya, Senin (1/2/2021).

Baca juga: BPS Catat Indeks Harga Perdagangan Besar Naik 0,56 Persen pada Januari 2021

Dia bilang, pihaknya juga selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan digital perbankan, sehingga nasabah dapat bertransaksi dan berinvestasi kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke kantor cabang (branchless), tanpa harus menandatangani banyak dokumen (paperless), dan tanpa memerlukan tanda tangan basah (signatureless).

Selain itu, dia juga mengatakan, pihaknya akan memberikan beragam kemudahan dalam mengelola dan mengembangkan keuangan dalam 1 aplikasi dengan serangkaian pilihan produk investasi mulai dari deposito, obligasi pasar perdana, dan pasar sekunder yang juga dilengkapi dengan fitur transaksi untuk keperluan sehari-hari, seperti transfer uang dan tarik tunai bebas biaya, pembayaran tagihan bulanan, top up e-wallet seperti GOPAY, OVO dan e-Money juga pembelian e-voucher seperti token listrik dan banyak lainnya.

Sementara itu CEO Flip.id, Rafi Putra Arriyan mengatakan, pihaknya melihat adanya peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi oleh penggunaan ATM.

Baca juga: Anjlok 75 Persen, Kunjungan Wisman Hanya 4,02 Juta Sepanjang 2020

Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran.

"Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemi," katanya.

Tidak hanya itu, Flip.id juga memudahkan nasabah digibank by DBS untuk melakukan penempatan dana dengan proses mentransfer dari salah satu bank sumber dana melalui aplikasi Flip.id, kemudian memindahkan dananya ke rekening digibank by DBS.

Baca juga: Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Banjir, Ini Penjelasan ITDC

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com