Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2021, 20:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka pendaftaran Indonesia Good Design Selection (IGDS) tahun ini.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, IGDS merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap pengembangan desain produk industri di Indonesia

Pendaftaran IGDS 2021 akan berlangsung pada 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021 di laman igds.kemenperin.go.id. Rangkaian IGDS 2021 dimulai dengan sosialisasi, seleksi administrasi, penjurian tahap satu hingga tahap ketiga, serta puncak acara pemberian anugerah.

"Indonesia Good Design Selection Tahun 2021 yang penyelenggaraannya telah menginjak tahun ke-18 ini mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter, yang diharapkan mampu mencerminkan karakter positif berbagai jenis Industri di Indonesia," ujar Gati, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Cerita di Balik Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri

"IGDS juga akan mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk untuk masyarakat dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan," sambungnya.

IGDS telah melalui perjalanan panjang dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Peserta IGDS tiap tahunnya terus meningkat, dari 99 produk pada tahun 2016, 243 produk pada tahun 2017, 333 produk pada tahun 2019, dan 386 produk pada tahun 2020.

Desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan pada produk itu sendiri. Global Industrial Design Market 2020 Research Report menyatakan bahwa nilai pasar global dari desain produk industri sangatlah besar.

Pada tahun 2019 nilai tersebut tercatat mencapai 45,38 miliar dollar AS dan akan mencapai 65,41 miliar dollar AS pada akhir tahun 2026, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3 persen selama tahun 2021–2026.

China menjadi pangsa pasar terbesar, diikuti dengan Eropa dan Amerika bagian Utara. Fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat dimaksimalkan. Untuk memanfaatkan peluang tersebut dibutuhkan kolaborasi yang tepat antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis dan industri.

"Masa depan desain produk industri di Indonesia, baik dalam bentuk produk jadi maupun produk konsep, merupakan milik bersama yang harus kita jaga dan pelihara dengan baik. Untuk itu, Kementerian Perindustrian memberikan pengakuan dalam bentuk melalui sertifikat, trofi, penggunaan logo dan fasilitasi pengembangan produk kepada para desainer terbaik," tuturnya.

Baca juga: Tinggalkan Bank lalu Pilih KAI, Ini Ternyata Alasan Jonan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com