[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Senang Jadi Guru SD | Apa yang Diajari Guru Olahraga? | Mengatasi Fobia Anak

Kompas.com - 05/03/2021, 09:08 WIB
Ilustrasi guru sedang memerhatikan perbedaan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. DOK. PEXELSIlustrasi guru sedang memerhatikan perbedaan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

KOMPASIANA---Masih adakah yang berminat jadi guru? Apalagi jika melihat pandemi dan proses balajar-mengajar yang mungkin akan berjalan jarak jauh ini.

Barangkali bila ada guru-guru baru nanti mereka adalah orang pilihan. Jika tidak, maka bakal kurang maksimal dengan apa yang dikerjakan.

Lantas apa yang bisa dibangun dan siapkan sedari sekarang bila ingin menjadi guru?

Hal pertama yaitu seorang calon guru mesti bangga dengan profesi yang akan diembannya nanti. Bahwa seorang guru bisa menanamkan sikap positif kepada siswa.

Inilah konten terpopuler dan menarik di Kompasiana pada sub-kategori Edukasi:

1. Inialh Keseruan Saat Mengajar SD

"Ternyata sudah dua tahun saya mengajar di Sekolah Dasar. Bila diingat-ingat lagi, mengajar SD merupakan pengalaman baru bagi saya," tulis Kompasianer Ozy V. Alandika.

Menjadi guru SD itu, menurut Kompasianer Ozy V. Alandika, bukan hanya cara dan gaya mengajar yang berubah, tapi pada diri juga dituntut beradaptasi.

Hal yang membuat proses adaptasi itu menarik adalah setiap hari bisa menemukan hal unik dan seru ketika berada di sekolah.

"Salah satu hal seru yang saya rasakan pada bulan-bulan awal mengajar di SD adalah antusias para siswa yang begitu membahana," lanjutnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X