Kompas.com - 06/03/2021, 16:04 WIB
Tampilan halaman utama situs SSCASN Situs SSCASNTampilan halaman utama situs SSCASN


JAKARTA, KOMPAS.com – Seleksi aparatur silpil negara (ASN) tahun 2021 akan digelar melalui portal resmi terintegrasi yakni Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Pendaftarannya pun diselenggarakan secara paralel, meliputi seleksi taruna/taruni Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bagi kamu yang ingin mendaftar, pahami dulu fitur-fitur yang tersedia dalam portal resmi SSCASN.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan CASN Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, 4 Maret 2021, memberikan penjelasan terkait hal ini. Berikut rangkumannya, dikutip dari bahan paparan Bima Haria Wibisana pada Sabtu (6/3/2021).

Portal SSCASN merupakan portal masuk dan informasi mengenai suatu proses seleksi baik SSCN, SSPPPK, maupun Sekolah Kedinasan.

Baca juga: Apa Beda Seleksi CPNS, PPPK, dan Sekolah Kedinasan?

Adapun melalui portal SSCASN. pelamar bisa mendapatkan informasi mengenai Jadwal, Formasi yang dibuka, Alur Pendaftaran dan Informasi lainnya yang diinput oleh Instansi hanya melalui Portal SSCASN tersebut.

Pada portal ini, terdapat fitur Dasboard yang diperuntukkan bagi petugas yang terlibat menjaring pendaftaran. Instansi maupun Panselnas dapat memonitoring progress pendaftaran maupun pengolahan nilai pada Dasboard SSCASN ini.

Selanjutnya, ada pula fitur Portal Akun Dan Pendaftaran. Dalam fitur ini, pelamar yang sudah mendaftar hanya perlu masuk ke fitur ini untuk melihat proses Verifikasi maupun Pengumuman Kelulusan.

Lalu ada fitur Pengolahan Hasil Seleksi (SKD, SKB). Proses Pengolahan Nilai yang masuk akan diproses pada tahapan ini tanpa campur tangan tangan dengan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Fitur ini disediakan bukan untuk pelamar.

Selanjutnya, ada juga fitur Verifikasi. Fungsinya, digunakan bagi instansi melakukan Verifikasi Administrasi kepada pelamar secara online/daring terhadap dokumen yang diunggah berdasarkan persyaratan instansi.

Baca juga: BKN Ungkap Portal Resmi Seleksi ASN Tahun 2021 dan Prosedur Tesnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X