Gandeng ADNOC, Pertamina Pastikan Kecukupan Pasokan LPG Nasional

Kompas.com - 06/03/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi logo Pertamina (Dok. Shutterstock) Ilustrasi logo Pertamina
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina menandatangani Sales Confirmation Agreement LPG dan Sulphur dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), Jumat (5/3/2021). Ini memastikan Pertamina mendapatkan pasokan LPG dan Sulphur.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan guna memastikan kecukupan kebutuhan LPG nasional di tahun 2022 yang diperkirakan akan mencapai 8.30 juta ton, atau meningkat menjadi 9.12 juta ton di tahun 2023, dan naik 10.01 juta ton pada tahun 2024.

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Hasto Wibowo mengatakan, kerja sama ini memastikan keamanan pasokan LPG nasional yang diproyeksikan terus meningkat setiap tahunnya.

“Saat ini balance kebutuhan impor LPG nasional mencapai 6 juta ton per tahun, harapannya dengan kerja sama ini Pertamina dapat memperluas sumber pasokan dan menjaga kestabilan pasokan,” ujar Hasto.

Baca juga: Tak Lapor Penggunaan PMN, Bos BUMN Bisa Dicopot Erick Thohir

Hasto menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu strategi pengadaan bundling produk LPG dan petrokimia yang dibeli langsung dari produsen. Perjanjian ini juga dimungkinkan untuk diperpanjang setiap tahunnya, dengan tetap dilakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum perjanjian berakhir.

“Diharapkan kerja sama ini dapat menciptakan peluang kolaborasi jangka panjang untuk produk LPG dan petrokimia dengan tentunya tetap memperhatikan perkembangan dari bisnis petrokimia serta mengacu pada kebijakan bauran energi nasional sebagaimana tercantum dalam RUEN,” tambah Hasto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis berharap, realiasi kerja sama di bidang pasokan LPG dan Sulphur ini dapat membuka peluang kerja sama lain seperti Petrokimia, maupun downstream industry lainnya di masa mendatang.

Hal senada disampaikan oleh Senior President International Relations ADNOC, Salem Raheb Al Meheiri. Ia menyambut baik kerja sama strategis dengan Pertamina dan berkomitmen memastikan pasokan LPG ke Indonesia.

“Sebagai salah satu produsen LPG, minyak mentah, dan Petrokimia terbesar di dunia, ADNOC menjamin akan memasok produk dengan handal ke Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: 19.500 Alumni Kartu Prakerja Jadi Wirausaha dan Bakal Dapat KUR



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.