Kompas.com - 08/03/2021, 07:24 WIB
Ilustrasi logo Pertamina (Dok. Shutterstock) Ilustrasi logo Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama dengan perusahaan minyak dan gas (migas) asal Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC).

Melalui kerja sama tersebut, Pertamina akan mengimpor elpiji dari ADNOC, merespons kebutuhan gas yang terus meningkat.

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga PT Pertamina Patra Niaga Hasto Wibowo mengatakan, kebutuhan elpiji nasional pada tahun 2022 diperkirakan akan mencapai 8,3 juta ton, kemudian meningkat menjadi 9,12 juta ton pada 2023, dan naik lagi menjadi 10,01 juta ton pada tahun 2024.

Baca juga: Ini Harga BBM Shell dan Pertamina Terbaru

Melalui kerja sama dengan ADNOC, Pertamina memastikan keamanan pasokan elpiji nasional yang diproyeksikan terus meningkat setiap tahunnya itu.

“Saat ini balance kebutuhan impor elpiji nasional mencapai 6 juta ton per tahun, harapannya dengan kerjasama ini Pertamina dapat memperluas sumber pasokan dan menjaga kestabilan pasokan,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, dilansir Senin (8/3/2021).

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu strategi pengadaan bundling produk elpiji dan petrokimia yang dibeli langsung dari produsen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perjanjian ini pun dimungkinkan diperpanjang setiap tahunnya, dengan tetap dilakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum perjanjian berakhir. 

“Diharapkan kerjasama ini dapat menciptakan peluang kolaborasi jangka panjang untuk produk elpiji dan petrokimia dengan tentunya tetap memperhatikan perkembangan dari bisnis petrokimia,” tutur Hasto.

Dengan adanya kerja sama ini, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis berharap ke depannya akan ada lagi kolaborasi antar kedua perusahaan.

“Kamu berharap realiasi kerja sama di bidang pasokan elpiji dan sulphur ini dapat membuka peluang kerjasama lain seperti Petrokimia, maupun downstream industry lainnya di masa mendatang,” ucapnya.

Baca juga: Pertamina Targetkan Kilang Hijau Cilacap Beroperasi Desember Tahun ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.